Kamis, 31 Maret 2016

Tim Temukan Raskin Berkualitas Jelek di Gudang Bulog

Rabu, 30 Maret 2016

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati
BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Tim Koordinasi Raskin/Ranstra Provinsi Babel mengakui adanya temuan beras miskin (raskin) atau beras sejahtera (ranstra) yang kualitasnya jelek disalurkan oleh pihak Perum Bulog Subdivre Bangka, Provinsi Bangka Belitung di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Penemuan raskin berkualitas buruk saat distribusi tahun 2015 tersebut ditemukan di Desa Kimak Kabupaten Bangka dan Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah.
"Memang di Kimak dan Sungaiselan ada ditemukan raskin yang kualitasnya buruk. Beras itu berasal dari Sulawesi dibawa dengan menggunakan kapal kena air makanya kita diganti. Alasan bulog, kami dapat kiriman jangan sampai beras diterima tidak bisa dimakan.
Kami di datangi wartawan dan Ombusman tempo hari ada temuan itu," ungkap Munawar dari Tim Koordinasi Raskin/Ranstra Provinsi Babel ketika sosialisasi raskin yang dipimpin Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Bangka M Kamil Abu Bakar, Rabu (30/3/2016) di Ruang Rapat Bangka Bermartabat Kantor Bupati Bangka.
Mengetahui adanya RTS di Desa Kimak dan Sungailiat yang menerima raskin dalam kondisi jelek pihaknya segera tindaklanjuti.
"Maunya masyarakat menerima beras raskin dalam kondisi baik. Alhamdulillah, tanggapan bulog juga bagus, besoknya kita ke lapangan adanya laporan, kita sampaikan ke Bulog diganti. Bulog juga komitmen kalau berasnya jelek tidak usah dibagikan ke masyarakat dicek dulu oleh kades-kades, laporkan," tegas Munawar.
Pihaknya langsung menemui pihak bulog untuk menganti raskin yang kualitasnya jelek tersebut.
Namun menurutnya masyarakat jangan terlalu menuntut mutu beras raskin ini beras yang diberikan oleh bulog merupakan beras medium tetapi tidak kualitas tidak jelek.
Dijelaskan Munawar, untuk jumlah Rumah Tangga Sasaran (RTS) di Babel yang berhak menerima raskin lebih sedikit dibandingkan daerah lain di Sumatera yakni sebanyak 41.365 RTS, dibanding Sumatera Utara yang mencapai 3 juta RTS.
"Jadi tidak mungkin mereka bisa raskin gratis. Alhamdulillah kita komit, pak gubernur komit dan DPRD komit setiap tahun selalu dianggarkan untuk raskin gratis," ungkap Munawar.

http://bangka.tribunnews.com/2016/03/30/tim-temukan-raskin-berkualitas-jelek-di-gudang-bulog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar