Jumat, 12 Juni 2015

Temuan Raskin Berkualitas Jelek Meluas

Kamis, 11 Juni 2015
PURWOREJO, suaramerdeka.com - Sejumlah desa kembali menemukan beras untuk warga miskin (raskin) berkualitas jelek. Setelah warga Desa Guyangan, Kecamatan Loano, kini Desa Butuh, Lugurejo dan Kunir Kecamatan Butuh mengeluhkan kualitas raskin yang dibagikan ke warga. Diduga, temuan raskin jelek juga terjadi di desa-desa yang lain.

Kades Kunir, Kecamatan Butuh, Tawabi mengatakan, dimungkinkan raskin itu bukan berasal dari wilayah Kabupaten Purworejo. Sebab, pada karung beras tertulis wilayah Grobogan. “Kemungkinan beras itu dari Grobogan,” katanya, Kamis (11/6).

Dia mengaku akan mengembalikan beras itu dan meminta pertanggungjawaban ke Bulog 505 di Kecamatan Butuh. Pasal, pendustribusian beras berkualitas jelek akan berdampak buruk pada kesehatan warga.

Kades Butuh, Paimun mengatakan hal serupa. Dia mengatakan, Bulog harus mngecek seluruh beras yang telah didistribusikan ke seluruh wilayah Purworejo. Sebab, tidak semua warga memiliki keberanian untuk melapor atau mengembalikan raskin berkualitas jelek itu. “Kami minta Bulog mengecek seluruh raskin yang telah dibagikan ke warga,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Purworejo, Ngadianto mengatakan, Pemerintah Kabupaten Purworejo perlu mengambil sikap tegas atas temuan raskin berkualias jelek. Pemkab Purworejo harus melindungi warganya agar tak memasak beras tak layak konsumsi itu.

Bahkan, lanjut dia, Pemkab harus turut mengecek raskin yang telah didistribusikan ke warga. Jika terbukti beras yang didistribusikan banyak tak layak konsumsi, maka Pemkab harus berani menolaknya.

(Rinto Hariyadi/ CN33/ SM Network)

http://berita.suaramerdeka.com/temuan-raskin-berkualitas-jelek-meluas/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar