Senin, 22 September 2014

Raskin di Birem Bayeun Dinilai Tak Layak Konsumsi

Senin, 22 September 2014

Birem Bayeun, (Analisa). Beras untuk masyarakat miskin (Raskin) yang disalurkan kepada masyarakat Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur, dinilai tidak layak konsumsi. Kualitas beras terlihat kurang bagus dan sangat memprihatinkan ketika diterima warga.

Demikian dikatakan Ketua LSM Fakta, Rabono Wiranata, yang juga salah seorang warga Birem Bayeun kepada wartawan, pekan lalu.

“Jika kita mencermati Raskin ini sungguh tidak layak untuk dikonsumsi karena kondisinya berabu dan berwarna kekuning-kuningan serta banyak batu,” ungkapnya.

Disebutkannya, dari penelusuran pihaknya, diduga raskin bagi masyarakat miskin tersebut dicampur dengan beras menir karena beras yang disalurkan beberapa hari lalu itu banyak patahannya.

“Kendati itu beras murah, hendaknya kualitas dan kuantitasnya tidak seperti ini sehingga memberikan kesan miris terhadap program pemerintah ini,” pintanya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada Perum Bulog untuk dapat melakukan pemeriksaan terhadap mutu beras yang disalurkan kepada masyarakat,

“Kita tidak menyalahkan siapa-siapa terhadap mutu raskin dimaksud, akan tetapi untuk ke depan diharapkan hal seperti ini tidak terjadi kembali sehingga masyarakat penerima raskin pun bisa menikmatinya dengan baik,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Perum Bulog Divre Langsa, Ucok Baniamin Siregar SSos MM, yang dikonfirmasi wartawan terkait persoalan tersebut mengatakan, pihaknya siap melakukan penukaran raskin yang dianggap masyarakat tidak layak konsumsi.

“Kita minta masyarakat segera melaporkan bila menemukan atau mendapatkan raskin dengan kualitas yang dinilai kurang baik,” katanya singkat. (ed)

http://analisadaily.com/news/read/raskin-di-birem-bayeun-dinilai-tak-layak-konsumsi/66006/2014/09/22

Tidak ada komentar:

Posting Komentar