Selasa, 06 Mei 2014

Hingga April, Serapan Beras Masih Rendah

Senin, 5 Mei 2014

Bandung - Penyerapan beras Divisi Regional (Divre) Bulog Jawa Barat hingga akhir April 2014 masih rendah, yakni baru mencapai 56 ribu ton dari target yang ingin dicapai pada periode Maret-Juni 2014 sebesar 550 ribu ton. Rendahnya penyerapan disebabkan adanya keterlambatan menanam padi para petani Jawa Barat, yang baru menanam pada awal tahun ini.

Kepala Divisi Regional (Kadivre) Bulog Jawa Barat, Alip Apandi mengatakan, target 550 ribu ton adalah capaian yang tidak jauh berbeda dengan periode empat tahun terakhir. ”Tahun 2011, penyerapan beras kita sebanyak 101 ribu ton, pada 2012 108 ribu ton. Yang paling tinggi adalah tahun 2013 sebesar 189 ribu ton,” jelasnya kepada Forum Wartawan Unit Perum Bulog (Forwabul) saat melakukan kunjungan lapangan ke Kantor Divre Bulog Bandung, Jawa Barat, Selasa (29/4).

Menurut Alip, Divre Bulog Jabar adalah sentra produksi beras dan padi yang mencakup wilayah Cianjur, Bandung, Cirebon, Indramayu, Karawang, Subang dan Ciamis. “Penyaluran beras dan padi kita sampai ke seluruh wilayah Pantura, hingga ke wilayah Ciamis, yang saat ini masih punya kendala cuaca hujan,” kata dia.

Alip juga menambahkan, pengadaan beras Divre Bulog Jawa Barat didapat dari para mitra pengadaan beras kecil dari seluruh wilayah Jawa Barat. ”Patahan padi yang ada di Divre Bulog Jabar mulai dari 0,5%-1%,” ungkapnya. Selain itu, lanjut Alip, pengadaan beras Divre Bulog Jawa Barat juga didapat dari Unit Pengelolaan Gabah dan Beras dan Satuan Tugas (Satgas) Beras di wilayah Jawa Barat.

”Kita juga menjual beras kita terbanyak ke Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur," tambahnya. Guna mengatasi cuaca ekstrem seperti hujan dan banjir yang saat ini terjadi di wilayah Jawa Barat, Alip mengatakan, jajarannya juga menyiapkan lahan produksi padi jauh dari banjir atau pun hujan bagi para petani dengan target mulai Januari-Juni 2014 dengan luas lahan tiga hektar harus bisa tercapai target  produksi padi sebesar 6.675 ribu ton atau setara dengan 6.665 ribu ton beras. (ardi)

http://www.neraca.co.id/article/41104/Hingga-April-Serapan-Beras-Masih-Rendah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar