Sabtu, 21 September 2013

Bulog Serap Beras Petani 3 Juta Ton

20 September 2013

JAKARTA – Perum Bulog mengklaim per Kamis (19/9) telah merealisasikan penyerapan beras petani sebanyak 3 juta ton dan hingga akhir tahun lebih dari 3 juta ton. Dengan capaian itu, Bulog berhasil mematahkan teori yang diungkapkan banyak kalangan bahwa apabila pertumbuhan produksi padi di bawah 4% maka penyerapan beras petani oleh Bulog tidak lebih dari 2 ton.

Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso mengungkapkan, pihaknya berupaya mengoptimalkan penyerapan beras di tengah pertumbuhan produksi padi/gabah yang relatif rendah pada tahun ini. Berdasarkan angka ramalan II (Aram II) Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan produksi padi 2013 hanya sebesar 0,3%. Produksi padi di beberapa daerah juga diramalkan lebih rendah dari realisasi tahun lalu.

“Hingga Kamis (19/9), kami mampu merealisasikan penyerapan sebanyak 3 juta ton. Kami memang berusaha mematahkan teori, kalau produksi di bawah 4%, penyerapan tidak lebih dari 2 juta ton. Kami mencoba membantah paradigma itu,” kata dia di Jakarta, Kamis (19/9).

Sutarto mengungkapkan, dengan penyerapan beras yang sudah mencapai 3 juta ton, BUMN itu optimistis penyerapan beras akan menembus lebih dari 3 juta ton pada akhir tahun. Meski, Perum Bulog memang harus bekerja keras untuk meningkatkan penyerapan demi mengejar target pengadaan beras 3,2 juta ton hingga akhir tahun ini. Dengan target pengadaan 3,2 juta ton, Bulog diharapkan dapat mencapai stok beras pada akhir tahun ini di level 2 juta ton.

Oleh Alina Musta’idah

http://www.investor.co.id/home/bulog-serap-beras-petani-3-juta-ton/69251

Tidak ada komentar:

Posting Komentar