Rabu, 10 Juli 2013

Sangkal akan Ada Impor Beras, Hatta: Stok Beras Bulog 2,9 Juta Ton

10 Juli 2013

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menegaskan hingga kini stok beras di gudang-gudang Bulog mencapai 2,9 juta ton. Dengan stok ini maka pasokan beras di dalam negeri aman hingga 12 bulan sehingga sedikit potensi akan ada impor beras.

"Stok beras saat ini aman, saat ini di gudang Bulog stok besar mencapai 2,9 juta ton hampir 3 juta ton, angka tertinggi dalam kurun 5 tahun terakhir," ucap Hatta kepada wartawan di Kantornya, Rabu (10/7/2013).

Hatta menuturkan stok tersebut cukup untuk Bulog untuk melakukan operasi pasar apabila terjadi gejolak kenaikan harga beras di dalam negeri.

"Dengan 2,9 juta ton tersebut Bulog punya kemampuan untuk melajukan intervensi pasar, tidak perlu izin dari pemerintah, kalau ada tren kenaikan harga langsung bisa intervensi harga dengan operasi pasar," ucapnya.

Hatta juga meminta Bulog juga bisa segera melakukan intervensi atau operasi pasar untuk beras kelas premium. "Saat ini ada tren harga beras kualitas premium mengalami kenaikan, Bulog juga bisa melakukan operasi pasar agar harganya kembali stabil," katanya.

Dengan stok yang mendekati 3 juta ton tersebut kata Hatta, stok tersebut cukup hingga 12 bulan kedepan.

"Dengan terus meningkatkan penyerapan beras petani, akhir tahun stok Bulog bisa mencapai 2 juta ton, yang artinya ketahan pangan kita cukup, jangan berspekulasi ada policy (kebijakan impor beras)," tandas Hatta.

http://finance.detik.com/read/2013/07/10/151444/2298155/4/sangkal-akan-ada-impor-beras-hatta-stok-beras-bulog-29-juta-ton?f9911023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar