Rabu, 10 Juli 2013

Bulog Terpukul Kenaikan Harga BBM

10 Juli 2013

Metrotvnews.com, Solo: Kebijakan penaikan harga BBM yang sudah berjalan sejak awal Juli ternyata berdampak pada kinerja Bulog Subdivre III Solo, Jawa Tengah. Terutama dalam melakukan penyerapan beras petani.

Sebelum harga BBM naik, penyerapan minimal 1.000 ton per hari. Namun pascakenaikan harga BBM,  susut hingga tinggal 400 ton sampai 500 ton per hari.

"Memang bukan hanya karena faktor BBM saja. Cuaca tidak menentu yang cenderung basah, dan banyaknya padi roboh membuat petani sulit memproses giling, dan ini berpengaruh pada kualitas beras yang disyaratkan Bulog," tegas Kabulog Sub Divre III Solo, Edy Rizwan.

Namun begitu, lanjut Rizwan, pihaknya bersama Satgas Bulog akan terus bekerja keras dan simultan sepanjang sisa tahun ini, agar capaian target tahun 2013 sebanyak 130 ribu ton bisa tercapai. Saat ini serapan beras petani oleh Bulog sudah mencapai 86 ribu ton.

Ia memaparkan, cuaca yang masih cenderung basah memang membuat geliat penyerapan sedikit terhambat. Dengan kemampuan serap beras yang pascakenaikan BBM rata-rata 500 ton per hari, membuat Bulog melakukan ekspansiwilayah serapan.

"Kami sudah bertekad bahwa tutup bulan Juli ini, serapan bisa mencapai 100 ribu ton, lalu sisanya diupayakan maksimal pada musim panen September-Oktober, dan untuk November akan menjadi kekuatan terakhir dalam meraih target 130 ribu ton. Berbagai kendala yang menghadang menjadikan Bulog semakin kreatif saat turun di lapangan," imbuh Rizwan.

Sementara disinggung ketahanan stok pangan pasca kebijakan penaikan BBM yang membuat gelontoran beras miskin menjadi bertambah besar, Rizwan mengaku, optimistis bisa melalui dengan baik. Penyebabnya, ketahanan stok pangan di gudang Bulog Sub Divre III masih sebanyak 73 ribu ton, yang cukup untuk 11 bulan kedepan.

Dia terangkan, dengan adanya penambahan jatah raskin yang sampai 15 kali pada tahun ini dengan masing-masing KK miskin mendapatkan 15 kg, tidak akan membuat rapuh ketahanan stok beras di wilayah Solo Raya yang meliputi enam kabupaten dan satu kota. Termasuk menyambut bulan Ramadan ini, Bulog siap mengamankan harga beras. (Widjajadi)

Editor: Asnawi Khaddaf

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/07/10/6/167112/Bulog-Terpukul-Kenaikan-Harga-BBM 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar