Rabu, 10 Juli 2013

Mentan : Harga Daging Sapi Tidak Terkendali

10 Juli 2013

Tembus Rp 100 Ribu/Kg

 JAKARTA - Harga daging di beberapa daerah sudah amat melambung, menembus Rp100 ribu/kg. Kondisi ini di luar perkiraan pemerintah yang mengaku telah berupaya keras mengendalikan harga komoditas pangan.

Menteri Pertanian, Suswono menyatakan, menjelang Leba­ran, harga daging memang akan naik. Namun, dia tidak me­nyang­ka kenaikannya menjadi tidak terkendali seperti saat ini.

‘’Pelaku usaha sudah janji ti­dak menaikkan harga sampai di atas Rp100 ribu,’’ ujar Suswono, di Gedung DPR RI, kemarin.

Kementerian Pertanian me­ma­jukan jatah impor daging un­tuk kuartal ketiga, dapat diwujudkan pada bulan ini.

Menurut Suswono, langkah itu ditempuh de­mi menjaga ketersediaan da­ging untuk memenuhi permin­taan masyarakat yang tinggi.

‘’Sebetulnya yang menjadi barometer itu Jabodetabek. Ini yang kami evaluasi, jangan sampai harga menggila,’’ kata Sus­wono.

Mengenai dugaan ulah para spekulan, Suswono menyerah­kan penanganan kepada pihak berwenang.

Suswono sudah me­minta agar jangan segan mela­kukan penindakan jika ada yang terbukti melakukan penimbunan untuk mengendalikan harga. ‘’Kami sedang berusaha keras, data yang diperoleh merupakan kondisi riil yang terjadi di lapangan,’’ kata Suswono.

Stabilisasi Harga

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Peda­gang Daging In­donesia (APDI), Asnawi mengungkapkan, daging beku Bulog baru bisa ke masyarakat pada H-7 Lebaran.

‘’Hasil rapat koordinasi de­ngan Kementerian Pertanian di bawah arahan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan dinyatakan bahwa daging Bulog baru bisa masuk di H-7 Lebaran. Bu­log baru bisa melakukan stabilisasi harga di akhir bulan Rama­dan,’’ ungkap Asnawi.

Selama daging Bulog belum masuk ke pasar, harga daging sapi terus bergerak liar dan tidak akan turun.

Pedagang pun antusias bila nanti daging Bulog masuk  ke pasar tradisional. ‘’Kalau da­ging Bulog sampai ke pasar, kami sangat menyambut baik. Artinya kita coba giring teman-teman untuk menyukseskan penurunan harga daging di pasar,’’ cetusnya.

Bulog dapat alokasi kuota daging sapi beku impor sebesar 3.000 ton hingga akhir tahun 2013. Hal ini bagian dari tugas yang diberikan pemerintah kepada Bulog untuk membuat harga daging stabil. (J10,viva,dtc-79)


http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2013/07/10/230456 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar