Selasa, 11 Juni 2013

SPI Harapkan Produk Pertanian Tak Jadi Komoditas

10 Juni 2013

JAKARTA – Serikat Petani Indonesia (SPI) mengharapkan, produk pertanian tidak dijadikan sarana komoditas yang berorientasi pada kepentingan bisnis semata.
Pasalnya, dengan melakukan konsep seperti itu, celah pemilik modal untuk memanfaatkan dan megontrol harga produk pertanian akan menjadi hal mudah untuk dilakukan.
“Jangan jadikan produk pertanian sebagai komoditas. Maka di sana akan ada permainan kepentingan modal untuk mengontrol harga,” ujar Ketua Umum SPI, Henry Saragih, d Jakarta, Minggu (9/6).
Henry menambahkan, para petani perlu mandiri dan tidak bergantung pada kegiatan korporasi di sektor komoditas yang menyerap segala bentuk produk pertanian.
“Dengan korporasi yang menyerap produksi pertanian, produk akan menjadi komoditas yang sarat dengan kepentingan bisnis. Pada akhirnya mereka dapat mengontrol harga, khususnya di sektor pangan,” ucapnya.
Secara umum, menurut dia kegiatan pertanian Indonesia masih terus mengalami peningkatan. Untuk itu dia berharap peran pemerintah dalam menggandeng petani di dalam negeri perlu dioptimalkan seiring tingginya konsumsi kegiatan pangan di Tanah Air. (in/nik)

http://www.metrosiantar.com/2013/spi-harapkan-produk-pertanian-tak-jadi-komoditas/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar