Sabtu, 22 Juni 2013

Mendag: Pengusaha Jangan Berpekulasi

21 Juni 2013

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengingatkan kalangan pengusaha tidak melakukan spekulasi. Aksi itu bisa membuat kenaikan harga pangan tidak  terkendali dan memengaruhi inflasi.

"Nah untuk pangan pokok lainnya, kita akan mengawasi pengusaha-pengusaha. Besok saya akan panggil seluruh pengusaha agar tidak berspekulasi di pasar untuk memanfaatkan momentum atau momen kemungkinan kapan dinaikkan harga BBM ini," katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (20/6).

Ia juga menegaskan aktivitas penimbunan akan dikenai sanksi. Mendag mengatakan sanksi juga akan diberikan pada importir yang merugikan masyarakat.

"Sanksi tegasnya kalau mereka importir, kita cabut izinnya. Kalau mereka agak di luar batas wajar. Tapi insyaallah-lah tidak ada seperti itu," katanya.

Gita mengakui ada pengaruh kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi terhadap transportasi komoditas, namun akan diimbangi dengan kecukupan pasokan.

"Tadi dibahas agar dampaknya tidak signifikan. Walaupun ada kemungkinan kenaikan tapi kalau jumlah pasokannya lebih banyak akan membantu menjaga stabilitas harga," katanya.

Ia mengharapkan harga beberapa komoditas, seperti daging sapi, bawang, dan lainnya dapat turun seiring dengan kecukupan pasokan dan persediaan yang ada.

http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/13/06/20/mop1cv-mendag-pengusaha-jangan-berpekulasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar