Minggu, 18 November 2012

Indonesia Impor 80 Ribu Ton Beras Premium India

17 November 2012

TEMPO.CO, Chennai - Perusahaan yang melantai di bursa saham New York, Amira Nature Foods, menyatakan telah meneken kerja sama impor beras dengan pembeli asal Indonesia. Keduanya telah menyepakati kerja sama impor beras jenis basmati sebanyak 80 ribu ton, dengan nilai pembelian US$ 39,4 juta dolar atau setara Rp 394 miliar.

Menurut direktur sekaligus CEO Amira, Kharan Chanana, sebagaimana dikutip dari The Hindu Businessline pada Jumat, 16 November 2012, pembelian beras tersebut merupakan pemesanan yang kedua oleh pembeli yang sama. “Kami berharap kesepakatan ini memberikan aliran pendapatan yang kuat tahun ini,” kata Chanan.

Ia juga berharap kerja sama impor ini dapat mendukung inisiatif mereka untuk menumbuhkembangkan penjualan dengan cara memanfaatkan pihak ketiga dalam penetrasi produk merek Amira. Perusahaan itu memang biasa memanfaatkan pihak ketiga untuk menjual produk beras mereka.

Amira menjual beras jenis basmati. Beras basmati merupakan jenis beras khusus yang hanya tumbuh di daerah-daerah tertentu, semisal India. Beras tersebut termasuk jenis beras kelas premium berserat tinggi dan dijual Amira dengan merek yang sama, yaitu Amira.

Berdasarkan perkiraan, hanya ada sekitar 2 juta ton beras basmati yang ditanam di seluruh dunia setiap tahun. Angka yang sangat rendah dibandingkan beras jenis lain, yang bisa diproduksi hingga 500 juta ton per tahun.

Amira sendiri berkantor di Dubai, Uni Emirat Arab. Mereka juga memiliki kantor di India, Malaysia, Singapura, Inggris, dan Amerika Serikat.







http://m.tempo.co/read/news/2012/11/17/090442338/Indonesia-Impor-80-Ribu-Ton-Beras-Premium-India

Tidak ada komentar:

Posting Komentar