Minggu, 21 Oktober 2012

Benar nih Menteri Perdagangan Mau Kurangi Impor?

Minggu, 21 Oktober 2012
 JAKARTA--MICOM: Indonesia harus mulai mengurangi ketergantungan impor terhadap dua kebutuhan pokok nasional, yaitu beras dan kedelai.

"Impor kebutuhan bahan pokok beras dan kedelai harus dikurangi. Saat ini kita masih sangat bergantung pada pasokan dari luar negeri," kata Menteri Perdagangan Gita Wirjawan di Jakarta, Sabtu (20/10).

Untuk beras, Gita mengatakan bahwa impor untuk komoditas tersebut harus peka terhadap produksi nasional.

Sebelumnya, pemerintah berencara untuk mengimpor 700.000 ton beras untuk menambah stok Bulog menjadi dua juta ton pada akhir tahun 2012.

Menteri Pertanian Suswono pada Jumat (19/10) mengatakan bahwa stok dalam negeri pada akhir tahun dapat mencapai 1,3 juta ton dengan asumsi serapan 3,6 juta ton.

Namun, Gita menjelaskan bahwa keputusan impor beras sebanyak 700.000 juta ton tersebut belum final karena data yang digunakan masih berupa perkiraan.

"Jika serapan beras di lapangan ternyata lebih bagus dari perkiraan, impor beras tidak akan sebanyak itu," ujar Gita.

Di sisi lain, Gita mengaku prihatin terhadap fakta yang menunjukkan bahwa 70 persen kebutuhan kedelai nasional yang diperkirakan mencapai 2,5 juta ton masih harus dipenuhi dari negara lain.

"Ini menunjukkan bahwa ketahanan dan kedaulatan pangan kita masih sangat rendah, dan masalah pada komoditas kedelai akan menjadi prioritas utama kementerian yang terkait dengan pangan," tukas dia.

Saat ini, Indonesia harus mengimpor sekitar 1,7 juta ton kedelai untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Rendahnya produksi kedelai nasional menyebabkan harga komoditas tersebut melambung tinggi dan menjadi pemicu utama inflasi sebesar satu persen di Jawa Tengah pada September. (Ant/OL-5)

http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/21/357224/4/2/Benar-nih-Menteri-Perdagangan-Mau-Kurangi-Impor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar