Jumat, 21 September 2012

Mentan Yakin Bulog tidak Akan Impor Beras

BOGOR--MICOM: Menteri Pertanian Suswono meyakini Perum Bulog tidak akan melakukan impor beras apabila mengoptimalkan penyerapan beras petani di sisa tahun 2012. 

"Harusnya Bulog mengoptimalkan penyerapan beras petani. Kalau Bulog optimal menyerap beras petani, stok akhir 2 juta ton di akhir tahun terpenuhi dan tidak akan ada impor," tutur Suswono di Bogor, Jawa Barat, Kamis (20/9). 

Suswono menuturkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Bulog untuk menyiapkan stok akhir minimal 1 juta ton beras. Amannya, lanjut Suswono, adalah 1,5 juta ton beras. Namun, Menteri Perekonomian Hatta Rajasa telah meminta Bulog untuk menyiapkan stok akhir 2 juta ton. 

"Kalau Bulog tidak dapat menyerap beras petani ya akhirnya impor. Tapi, Bulog kan bisa serap beras petani," kata Suswono. 

Suswono mengungkapkan, seharusnya Bulog bisa lebih kreatif. Artinya, Bulog dapat melakukan terobosan dengan fungsi komersialnya, yakni membeli beras tanpa dibatasi oleh harga. 

"Beli jual saja, untuk stok seperti pedagang umum. Itu harus dimainkan lebih optimal. Faktanya kurang dari 20 % untuk komersialnya. Dominan untuk PSO (Public Service Obligation) ketika beli dibatasi oleh HPP. Itu saya sayangkan. Padahal jika bisa main di komersil, dengan kapasitas gudang yang besar, dia bisa kendalikan swasta. Kalau sekarang, fungsi komersil kecil, swasta yang mainkan harga," terangnya. (Bug/OL-9) 

http://www.mediaindonesia.com/read/2012/09/09/349878/4/2/Mentan-Yakin-Bulog-tidak-Akan-Impor-Beras

Tidak ada komentar:

Posting Komentar