Jumat, 31 Agustus 2012

Harga Gabah Petani Anjlok, Bulog Diminta Beli Beras Petani.


Kamis, 30 Agustus 2012

KARAWANG, TVBERITA.COM- Akibat kegagalan panen yang dialami oleh hampir sebagian wilayah pertanian Karawang, membuat harga gabah ditingkatan petani mengalami penurunan harga yang drastis. Hal ini pun diperparah dengan keberadaan bulog yang dinilai lebih memilih membeli beras dari para tengkulak. Para petani mengaku hasil panen kali ini hanya cukup untuk konsumsi pribadi dan keluarganya.
Dikatakan Sardi Darsan(44) petani yang berasal dari Desa Kemiri Kecamatan Jayakerta mengaku harga gabah saat ini berada dititik paling rendah.” Harga gabah sekarang dari petani ke tengkulak dikisaran Rp. 3500/kg sedangkan harga jual tengkulak kepasaran bisa dijual Rp 4000 rupiah/kg, bedanya saja sudah 500 rupiah.”keluhnya.
Selain factor kegagalan panen disebagian besar areal pertanian Karawang Utara, pemicu penurunan harga gabah ditingkatan petani itu diduga akibat Badan Usaha Logistik(Bulog) yang menjadi leading sector dalam persoalan perberasan ditingkatan nasional maupun daerah lebih cenderung suka membeli beras dari para tengkulak.” Kami sendiri kurang tahu kenapa seperti itu, yang jelas, pada saat kami sedang panen raya itu justru para tengkulak yang datang, bukannya Bulog.”jelas Sardi.
Hal tersebut juga diamini oleh Ayad Suhayad(46), dirinya bahkan menilai perhatian bulog kepada para petani dirasa masih minim.” Makanya untuk hasil panen kita kali ini saja paling Cuma cukup untuk makan sehari-hari keluarga saja. Sudah mah panen kemarin gagal, sekarang ditambah bulog juga lebih memilih beli beras tengkulak daripada beras petani.”ucap Ayad.(Fahmi Rukmana)


http://www.tvberita.com/berita-770-harga-gabah-petani-anjlok-bulog-diminta-beli-beras-petani.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar