Senin, 03 Agustus 2015

Dilanda kekeringan, Bulog berdoa stok beras bisa sampai 2,5 juta ton

Senin, 3 Agustus 2015

Merdeka.com - Perusahaan Umum (Perum) Bulog yakin sanggup menyerap 2,5 juta ton beras petani meskipun saat ini Indonesia tengah menghadapi kekeringan akibat El Nino.

"Saya melihat yang tanaman sudah siap panen. Artinya kan harus tetap optimis. Kita berdoa," ujar Direktur Utama Perusahaan Umum (Perum) Bulog Djarot Kusumayakti di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (3/8).

Menurut Djarot, data di Kementerian Pertanian menyebutkan, dalam dua bulan ke depan akan panen 1,5 juta ton. "Artinya, kalau saya ambil 10 persen ketemu. Ini yang saya mau ke lapangan moga-moga benar adanya," jelas dia.

Untuk menjaga persediaan beras hingga Januari 2016, Bulog wajib memiliki stok 2,5 juta ton pada Oktober 2015. Saat ini, stok di gudang Bulog sekitar 1,5 juta ton. Stok tersebut akan berkurang pada Oktober 2015 lantaran harus disalurkan ke masyarakat. Karena itu pihaknya berencana menambah stok hingga 1,5 juta ton lagi.

"Berarti saya tinggal nambah 1 juta. Tetapi selama Oktober harus mengeluarkan 500.000 ton, sehingga selama dua bulan ini saya ingin mencapai 1,5 juta ton. Artinya, nanti kalau orang tanpa pengeluaran butuh tambahan satu juta. Tapi September-Oktober juga ada penyaluran, maka paling tidak saya akan menyerap 1,5 juta ton. Jadi total dengan keluar 500 net menjadi 2,5 juta," ungkapnya.

http://www.merdeka.com/uang/dilanda-kekeringan-bulog-berdoa-stok-beras-bisa-sampai-25-juta-ton.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar