Sabtu, 03 Januari 2015

Warga Gondang Keluhkan Kualitas Raskin

Jumat, 2 Januari 2015

PURBALINGGA, suaramerdeka.com - Warga Desa Gondang, Kecamatan Karangreja menemukan puluhan kilo beras miskin (raskin) yang berwarna kuning dan tidak layak konsumsi yang dibagikan ke masyarakat.  Meskipun dinilai tidak layak konsumsi namun, pemerintah desa tetap membagikan ke masyarakat. Pasalnya, masyarakat sudah mengharapkan adanya pembagian raskin tersebut.

Warga Desa Gondang Suratmi (61) mengatakan , setelah menerima raskin ia merasa kaget karena ada beras yang berwarna kuning dan berbau apek. “Baru kali ini beras raskin yang saya terima berwarna kuning,” jelasnya.

Ratmi menambahkan, kedati berwarna kuning ia tidak bisa berbuat banyak dan tetap memasak raskin tersebut. Pasalnya, pasokan beras hasil panen sawahnya sudah menipis. Hal yang sama juga dialami Ngatiyem (54) beras yang ia terima berwarna kuning dan tidak layak konsumsi.

Alhasil, dia terpaksa memberikan beras raskin yang diterimanya kepada hewan ternak di rumahnya.  “Tidak berani memasaknya karena beras berwarna kuning, takut sudah beracun,” jelasnya.

Kepala Desa Gondang Rudi Kuswanto saat dikonfirmasi mengatakan ada 50 persen beras yang sudah berwarna kuning dan tidak layak konsumsi. Namun, desa tidak bisa berbuat banyak, pasalnya raskin sudah diharapkan oleh masyarakat. “Sekitar setengahnya sudah berwarna kuning dan tidak layak konsumsi,” jelasnya.

Rudi menjelaskan, awalnya saat raskin tiba pihak desa sudah siap mendistribusikan ke masyarakat seperti biasaya. Namun, setelah hendak dibagi dan dikeluarkan dari kantong petugas menemukan beras berwarna kuning.

http://berita.suaramerdeka.com/warga-gondang-keluhkan-kualitas-raskin/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar