Sabtu, 07 Desember 2013

Kualitas Raskin Buruk, Hamsinah Mencampur Dengan Beras Kualitas Bagus

6 Desember 2013

BALIKPAPAN- Buruknya kualitas beras miskin (raskin) yang disalurkan oleh Bulog membuat anggota Komisi I DPRD Kota Balikpapan, Sri Hana geram. Dia meminta kepada Bulog agar raskin yang disalurkan kepada rumah tangga sasaran (RTS) mendapatkan beras dengan kualitas yang baik dan layak untuk dikonsumsi.
“Paling tidak kedepannya beras raskin ini adalah beras yang bagus, yang layak untuk dikonsumsi, jangan sampai diberi beras yang tidak layak dikonsumsi,” ungkapnya.
Kasi Kesejahteraan Sosial (Kessos) Kelurahan Klandasan Ilir Diah Nor Janah mengeluhkan terhadap buruknya kualitas raskin. Dimana raskin tersebut terlihat hitam, berkutu dan berbau tidak sedap.
“Seharusnya beras Bulog ini berkualitas bagus karena beras kan jadi kebutuhan pokok, sudah miskin diberi beras yang jelek kan kasihan,” keluhnya.
Walaupun para RTS jarang yang mengeluhkan tentang kualitas raskin secara langsung ke petugas satuan kerja (Satker), dikarenakan warga takut distop pasokan raskinnya. “Memang selama ini gakin di Klandasan Ilir tidak ada yang mengeluh, tapi coba lihat sendiri, kalau berasnya jelek,” ucapnya sambil menunjukan berasnya.
Diah menyebutkan, jumlah gakin di Kelurahan Klandasan Ilir sebanyak 204 orang. Dari jumlah tersebut, diatur melalui pendataan yang dilakukan oleh tim pendata beberapa minggu yang lalu, yang melibatkan semua pihaka, termasuk Lurah Klandasan Ilir sendiri turun langsung ikut melakukan pendataan tersebut.
“Jika masuk dalam gakin maa wajib menerima raskin,” terangnya.
Akibat buruknya kualitas raskin Hasbiah, warga RT 50 Klandasan Ilir terpaksa mencampur raskin dari Bulog dengan beras yang berkualitas bagus. “Saya campur dengan beras umum, karena kalau raskin berasnya jelek, rasanya tidak enak dimakan kalau tidak dicampur dengan beras biasa,” timpalnya.
Dia menambahkan setiap 15 kilogram raskin yang diterimanya, Hasbiah mencampur beras berkualitas bagus seberat 5 kilogaram. “Kita beli beras yang bagus 5 kilogram baru nanti dicampur,” akunya. (yud513)

http://www.korankaltim.com/kualitas-raskin-buruk-hamsinah-mencampur-dengan-beras-kualitas-bagus/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar