Senin, 28 Oktober 2013

Harga Beras Naik, Bulog Subang Siap Operasi Pasar

27 Oktober 2013

INILAH.COM, Subang - Harga beras di sejumlah pasar di Kabupaten Subang kembali merangkak naik. Mengantisipasi hal tersebut, Bulog Subang siap menggelar operasi pasar.

Kepala Bulog Subdivre Subang Siti Kuwati menegaskan, pihaknya siap melakukan operasi pasar demi menjaga stabilitas harga beras di pasaran. Namun Bulog baru akan turun jika harga beras memang sudah tidak terkendali.

"Asalkan harga sudah tidak terkendali dan ada permintaan dari pemerintah daerah, kami siap melakukan operasi pasar kapan pun dan di mana pun," ujar Siti kepada INILAH.COM, Minggu (27/10/2013).

Dia mengatakan, masyarakat tidak usah khawatir dengan ketersediaan beras di pasaran. Menurut sini, persediaan beras di Bulog Subang masih mencukupi, yakni sebanyak 22 ribu ton.

Salah seorang pemilik kios beras di Pasar Panjang Subang, Enin mengaku, kenaikan harga beras hampir terjadi setiap hari. Dia mengatakan, kenaikannya hanya Rp100/kg.

Dia mengatakan, sejak dua hari terakhir menjual beras jenis Ciherang kualitas medium Rp8.500/kg, beras Ciherang kualitas premium Rp9.000/kg, dan beras kualitas rendah Rp7.000/kg.

Menurut Enin, kenaikan harga beras yang cepat tersebut salah satunya dipicu oleh pengaruh musim kemarau panjang dan makin minimnya lahan panen.

"Sehingga, stok gabah yang ada di petani sudah menipis dan akhirnya berdampak pada persediaan beras yang menipis pula," tutur Enin. [hus]

http://m.inilahkoran.com/read/detail/2041917/harga-beras-naik-bulog-subang-siap-operasi-pasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar