Kamis, 11 Juli 2013

Bulog Realisasikan Impor Daging 25 Juli

11 Juli 2013

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso memperkirakan masuknya daging yang diimpor Bulog dari Australia yakni pada 25 Juli mendatang.

Pasalnya, daging pertama yang masuk dikapalkan dari Australia pada 15 Juli mendatang.

"Tidak mungkin (masuk) dalam waktu dekat. Kalau semua lancar, pengapalan pertama itu tanggal 15 Juli. Sampai di sini tanggal 25 Juli," kata Sutarto seusai rapat koordinasi pangan, Rabu (10/7), di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta.

Sutarto mengungkapkan, dia bernegosiasi kembali dengan eksportir Australia untuk memastikan Bulog mengimpor dari negara Kanguru tersebut. Sutarto enggan menyebutkan pemerintah lambat melakukan eksekusi impor daging ini.

Faktanya, Bulog baru mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Pertanian pada 25 Juni lalu dan persetujuan impor dari Kementerian Perdagangan pada 26 Juni lalu. Padahal, untuk segera memasukkan daging impor dan menurunkan harga, Bulog telah meminta izin sejak 25 Maret lalu.

"Kalau tidak ada izin kan Bulog tidak bisa bergerak. Persiapan dan penjajakan sudah kami lakukan sebelum keluar izin," tuturnya.

Agar mempercepat pemasukan daging, Sutarto mengungkapkan, pihaknya tengah mengajukan izin kepada Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN untuk menggunakan moda transportasi udara seperti maskapai penerbangan Garuda Indonesia. "Tapi, menggunakan pesawat ini kan sehari paling hanya dapat mengangkut 20 ton. Masih lebih banyak angkutan kapal," ujar Sutarto.

Sutarto menambahkan, untuk operasi pasar, Bulog menggandeng Asosiasi Distributor Daging Indonesia (ADDI). Bulog telah mrlakukan inventarisasi lokasi pasar yang membutuhkan intervensi. "Sudah siap semua. Kita sudah koordinasi dengan ADDI. Dia harus menjual Rp 75 ribu kalau lebih dari itu kita coret," tukasnya. (Bunga Pertiwi Adek Putri)

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/07/11/2/167285/-Bulog-Realisasikan-Impor-Daging-25-Juli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar