Sabtu, 01 Juni 2013

Bulog Ganti Raskin Warga Balohan

1 Juni 2013

SABANG - Pihak Bulog dilaporkan telah mengganti beras miskin (raskin) warga Balohan, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, yang sebelumnya dikeluhkan tak layak konsumsi. Belum ada konfirmasi apakah kebijakan penggantian itu dilakukan secara menyeluruh atau terbatas untuk warga Balohan.

Informasi penggantian raskin tersebut dilaporkan Keuchik Balohan, Abu Talib kepada Serambi, Jumat (31/5), menanggapi buruknya kualitas beras yang disalurkan Bulog sebelumnya. “Beras tak layak konsumsi yang selama ini menumpuk di kantor desa sudah ditarik dan diganti dengan yang lebih baik,” kata Abu Talib.

Ditanya apakah penggantian itu juga dilakukan terhadap beras yang sudah ditebus oleh masyarakat, menurut Abu Talib tidak, karena tak mungkin lagi mengumpulkan beras yang sudah disalurkan kepada warga miskin.

“Ada sekitar tujuh ton lagi yang belum dibagikan kepada masyarakat, itulah yang diganti oleh Bulog. Sekarang beras pengganti itu sudah ada di kantor desa. Kita berharap ke depan jangan ada lagi kasus seperti ini, kasihan masyarakat,” kata Abu Talib.

Seperti diberitakan, raskin periode April-Mei-Juni 2013 yang dibagikan Bulog untuk warga Kota Sabang dilaporkan tak layak konsumsi. “Beras yang dibagikan lebih layak disebut umpan ayam. Berpadi, kuning, berbatu, ada butir-butir hitam, dan berbau,” lapor seorang warga Balohan, Jumat 17 Mei lalu.

Menurut warga tersebut, kasus beras seperti sekerang bukan yang pertama dialami warga Sabang, tetapi persoalannya warga lebih mengambil sikap pasrah menerima kenyataan. Keuchik Balohan, Abu Talib membenarkan laporan itu. “Ya, memang tidak layak. Kualitas berasnya sangat jelek,” katanya.(nas)

http://aceh.tribunnews.com/2013/06/01/bulog-ganti-raskin-warga-balohan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar