Selasa, 19 Maret 2013

Kadin Usulkan Langkah Tangani Krisis Bawang

19 Maret 2013

Metrotvnews.com, Jakarta: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengusulkan tiga langkah penanganan krisis bawang yang tengah melanda Indonesia.

Pengambilalihan tata niaga bawang oleh Perum Bulog dan penataan kebijakan impor diharapkan dapat membendung permainan 21 kartel bawang yang mengendalikan lebih dari 50% pangsa pasar.

Menurut Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto, melonjaknya harga bawang yang mencapai 6 kali lipat dari harga normal adalah akibat permainan dari 21 perusahaan yang mengendalikan lebih dari 50% pangsa pasar industri bawang.

Praktik 21 kartel bawang tersebut dikatakan Suryo harus ditangani dengan cepat oleh pemerintah agar masyarakat tidak dirugikan.

“Pemerintah harus segera melakukan perombakan tata niaga bawang demi kepentingan masyarakat banyak agar 21 kartel bawang tersebut tidak semakin merajalela di kemudian hari. Langkah pertama yang diusulkan Kadin Indonesia adalah Perum Bulog segera mengambil alih tata niaga bawang yang tentunya harus dibarengi juga dengan peningkatan pengawasan terhadap Perum Bulog,” ujar Suryo dalam siaran pers di Jakarta, Senin (18/3).

Langkah kedua yang perlu dilakukan pemerintah adalah mempermudah kucuran kredit atau pinjaman kepada para petani bawang agar para petani bawang tidak terjerat oleh tengkulak dan permainan 21 kartel bawang tersebut.

“Langkah ketiga yang juga penting untuk dilakukan adalah segera mengeluarkan kebijakan impor bawang yang tertata dan disalurkan oleh Perum Bulog sehingga dapat menetralisir harga di pasaran yang saat ini dikendalikan oleh 21 kartel bawang,” jelas dia.

“Tentunya kebijakan impor ini bukan berarti membuka pintu impor bawang seluas-luasnya sehingga dapat mematikan para petani bawang. Kebijakan impor dilakukan bila diperlukan, seperti dalam situasi sekarang ini, yaitu ketika pasar bawang tengah dikendalikan oleh para kartel yang menahan peredaran bawang. Dengan adanya kebijakan impor yang tertata, tentunya upaya para kartel bawang menghilangkan bawang dari pasaran dapat dicegah dan harga tidak bergejolak,” pungkas Suryo. (Andreas Timoty)

Editor: Basuki Eka Purnama

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/19/2/139529/Kadin-Usulkan-Langkah-Tangani-Krisis-Bawang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar