Sabtu, 20 Oktober 2012

WALHI : Negara Gagal Dalam Menegakkan Kedaulatan Pangan!

Jumat, 19 Oktober 2012

JAKARTA, SON - Hari pangan sedunia (HPS) yang jatuh pada 18 Oktober memang sudah lewat sehari. Namun, pemerintah belum juga memanfaatkan moment itu untuk mengeluarkan kebijakan yang jelas dalam menegakkan kedaulatan pangan di tanah air.  
 
Staf Media dan Publikasi Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), Tumpak Winmark Hutabarat, mengatakan, sikap acuh pemerintah terhadap nasib dan kondisi pangan di Indonesia sebenarnya sudah lama terjadi, seiring dengan adanya kebijakan impor pangan.  
 
“Bagi Indonesia sendiri, hancurnya kedaulatan pangan nasional dan hilangnya kemampuan negara dan rakyat untuk mencukupi kebutuhan pangan nasional telah berlangsung cukup lama. Dari tahun ke tahun, pemerintah semakin gagal dalam memenuhi kebutuhan beras sebagai bahan pangan pokok rakyatnya,” ujar Tumpak kepada SOROTnews.com di Kantor Walhi, Jakarta,  Jumat (19/10/2012).
 
Bahkan, ungkap Tumpak, pada tahun 2012 ini pemerintah melalui mentri pertanian telah membulatkan tekad melakukan impor beras sebesar 1 juta ton. Tekad ini, sungguh merupakan tekad yang nyata-nyata reaksioner dan tanpa berperasaan terhadap rakyatnya sendiri dan kepada kaum tani.
 
“Negara telah nyata-nyata membuktikan dirinya sebagai boneka dari imperialisme dan para tuan tanah besar yang terus melakukan perampokan dan penghancuran massa luas rakyat dan kaum tani,” tegas Tumpak.  (Bowo Santoso)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar