Senin, 17 September 2012

Ratusan Kilo Raskin Berkutu Dikembalikan ke Bulog, Lurah Suralaya Minta Raskin Diganti


MERAK, BCO – Kelurahan Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Provinsi Banten, mengembalikan ratusan kilogram beras miskin (raskin) ke Bulog Sub Divre Serang. Ini dilakukan lantaran beras program bantuan pemerintah untuk warga miskin tersebut tidak layak konsumsi. Di dalam beras itu banyak terdapat kutu beras atau nama lainnya tenebrio molitor.
“Kami langsung kembalikan beberapa karung raskin ke Bulog karena beras tersebut mengandung kutu beras. Walaupun beras itu bagi warga miskin, menurut kami itu tidak layak konsumsi dan harus diganti,” kata Lurah Suralaya, Eman Sulaiman saat ditemui di Kecamatan Pulomerak, Jumat (14/09/2012).

Menurut Eman, selama ini beras raskin yang didistribusikan bagi warganya terbilang bagus. Namun pada saat raskin yang didistribusikan beberapa waktu lalu, beras tersebut terlihat kurang baik. Selain kutuan, beras itu juga terlihat menguning dan menggumpal. “Kami tidak ingin warga kami sakit karena kualitas beras kurang baik walaupun beras itu harganya murah dan diperuntukan bagi warga miskin,” katanya.

Dia mengimbau kepada pihak terkait agar memperhatikan kualitas raskin sebelum didistribusikan kepada warga melalui kelurahan. Hal itu dilakukan agar warga juga nyaman mengonsumsi beras yang dibandrol dengan Rp1.600 per kilogram tersebut. “Warga jangan segan laporkan kepada kami kalau melihat kondisi beras semacam itu,” ujar Eman.

Sementara itu ketika dikonfirmasi, Koordinator Wilayah Tim Raskin Kota Cilegon dari Bulog Sub Divre Serang M Rizal Musim, membenarkan informasi tersebut dan hal itu sudah menjadi prosedur. “Itu memang prosedurnya. Kalau raskin yang dikirim ke kelurahan, kemudian diketahui kualitasnya kurang baik, ya bisa dikembalikan kepada kami dan kami juga segera menggantinya dengan beras yang kualitasnya lebih bagus,” ujar Rizal.

Terkait kondisi beras yang di wilayah Pulumerak, Rizal juga membenarkannya. Menurut Rizal, kondisi yang terjadi di wilayah tersebut pada bulan Agustus dan sudah diganti. “Untuk di Pulomerak memang beberapa kelurahan mengalami hal sama, kualitas raskin kurang baik. Itu terjadi bulan Agustus dan setelah dikembalikan langsung kita ganti lagi dengan yang baru. Jadi untuk pengiriman yang baru ini semua kualitasnya baik,” Rizal menuturkan. (*)

http://www.beritacilegon.com/index.php/lingkungan-kita/1197-ratusan-kilo-raskin-berkutu-dikembalikan-ke-bulog,-lurah-suralaya-minta-raskin-diganti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar