Senin, 27 Agustus 2012

Pemkot diminta tindak tegas Bulog


DEPOK, MONDE: Pemkot Depok diminta agar bersikap tegas terhadap Bulog, terkait pengiriman beras miskin (raskin) untuk warga Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, beberapa waktu lalu.
Ketua PKK RW 12 Kampung Manggah, Kelurahan Depok, Faridah Sodikin mengatakan, apabila Pemkot Depok tidak bertindak tegas terhadap Bulog, kemungkinan pengiriman raskin berkualitas jelek akan kembali terjadi, sehingga warga miskin di Depok yang akan menderita.
“Padahal raskin itu tidak gratis, tapi warga miskin membeli dengan harga subsidi pemerintah, tapi jangan dong mereka dikasih beras yang berkutu dan berbau, mereka juga manusia loh,” kata Faridah kepada Monde, pekan lalu.
Raskin bercampur kutu, berbau dan berwarna kekuning-kuningan ditemukan kantor Kelurahan Depok beberapa hari  menjelang Idul Fitri 1433 H. Warga Kelurahan Depok mengeluhkan buruknya kualitas raskin pengiriman bulan pertengahan Agustus lalu.
Awalnya warga dari beberapa lingkungan tidak menyadari raskin yang mereka ambil dari kantor Kelurahan Depok, berkualitas jelek. Namun begitu dibuka, ternyata raskin yang berada di karung berbobot 15 kg menyebarkan bau apek, berwarna kekuning-kuningan, kotor dan terdapat binatang kutu beras.
Candung, pengurus lingkungan di Kelurahan Depok membenarkan, raskin yang berada di karung berbobot 15 kg terdapat kutu, kotor dan berwarna kekuning-kuningan.
“Coba aje diperiksa berasnya kotor, berkutu dan berwarna kuning,” tutur Candung kepada Monde.
Mengetahui kabar tersebut, Lurah Depok Tri Sutanto langsung mengecek kebenaran informasi tersebut. “Saya meminta agar pengiriman raskin periode berikutnya berkualitas, sehingga tidak membuat kecewa warga Kelurahan Depok,” tegas Tri.
Faridah mengatakan, raskin yang jelek apalagi berkutu dan berbau tidak memberikan manfaat sehat bagi warga miskin yang memakannya, akibatnya fatal jika terjadi sesuatu.
“Jangan karena harganya murah lantas mengabaikan kualitas berasnya, ini kan bukan lagi zaman orde lama atau perjuangan, tapi zaman reformasi, apalagi Depok kota Metropolitan, tega-teganya kasih makan warga miskin dengan beras berkutu,” tegasnya.(mj) 

sumber: http://www.monitordepok.co.id/read/depok-raya/pancoran-mas/10305-pemkot-diminta-tindak-tegas-bulog.html#.UDt1SdZlS2A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar