Rabu, 16 September 2015

Bulog Kendal Tolak 50 Ton Beras Berkutu

Selasa, 15 September 2015

Metrotvnews.com, Kendal: Sedikitnya 50 ton beras asal Kabupaten Demak ditolak masuk ke Gudang Bulog Kendal Sub Divre 1 Semarang, Jawa Tengah karena berkutu.

Kepala Gudang Bulog Kendal Sub Divre 1 Semarang, Aruman mengatakan pihaknya menerima kiriman beras dari Demak sebanyak 50 ton yang diangkut dengan lima truk. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata beras tersebut berkutu.

Diungkapkannya, beras tersebut sampai di Gudang Bulog Kendal, Senin 14 September 2015. Lantaran ditemukan kutu hampir di tiap karungnya, petugas meminta untuk dilakukan fumigasi supaya kutunya hilang atau mati.

“Kami tidak mau ambil risiko karena berkutu. Untuk itu, kami minta untuk difumigasi lebih dulu oleh pengirimnya,” ujar Aruman saat ditemui di kantornya, di Desa Sumberejo, Kecamatan Kaliwungu, Kendal, Selasa (15/9/2015).

Aruman mengaku kejadian ini sudah kedua kalinya. Sebelumnya, pihaknya juga telah menolak beras yang berkutu. Ketika itu Aruman menyarankan agar beras difumigasi di atas truk, sebelum masuk ke gudang.

"Karena tidak mengindahkan saran kami, terpaksa beras kami tolak agar difumigasi di gudang pemilik beras," tegas Aruman.  

Beras yang ada di lima truk tersebut mayoritas diserang kutu jenis tribolium castaneum atau kumbang beras. Biasanya, kumbang beras menghuni biji-bijian yang disimpan seperti beras, jagung, gandum dan lainnya.

Sementara itu, sopir truk pengangkut beras mengaku tak tahu menahu kondisi beras. Karena kutu tidak hilang setelah difumigasi, maka beras diangkut kembali ke daerah asal.
SAN

http://jateng.metrotvnews.com/read/2015/09/15/431204/bulog-kendal-tolak-50-ton-beras-berkutu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar