Jumat, 14 Agustus 2015

Rumah Pengoplos Beras Bulog Digerebek Tentara

Jum'at, 14 Agustus 2015

Anggota TNI mendapat laporan warga yang curiga di gudang Bulog


Anggota TNI 0621 Bogor dan Yonif 315 menggerebeg sebuah rumah kosong yang dijadikan tempat oplosan beras raskin Bulog, Jumat 14 Agustus 2015 (VIVA/Muhamad Hasbi Areinta)
 
VIVA.co.id - Anggota TNI dari Kodim 0621 Bogor dan Batalyon Infanteri 315 menggerebek sebuah rumah kosong yang berada di Tapos, Kecamatan Cibinong, Bogor, Jawa Barat, dinihari tadi, Jumat, 14 Agustus 2015. Rumah kosong tersebut digerebek karena dijadikan tempat mengoplos beras miskin (Raskin) Bulog.

Dari rumah kosong itu, petugas mendapati beras raskin Bulog sebanyak 8 ton yang sedang dioplos oleh para pelaku tersebut dari karung beras bulog ke karung beras komersial. Beras raskin tersebut di dapat dari gudang beras Bulog yang ada di daerah Dramaga untuk disalurkan ke masyarakat kecamatan Sukamakmur.

Namun di tengah jalan, beras tersebut dibeli dengan harga Rp5.000/kg untuk dijual kembali seharga Rp.5.300/kg, setelah karung beras Bulog diganti dengan karung beras komersial. Aparat TNI menemukan barang bukti karung Bulog yang dibakar di belakang halaman rumah kosong, diduga untuk menghilangkan barang bukti.

Komandan Kodim 0621 Kabupaten Bogor Letkol Czi Dwi Bima Nurrahmat menuturkan, penggerebekan ini bermula dari laporan masyarakat kepada anggota Kodim 0621 Bogor yang sedang melakukan komunikasi sosial (Komsos) di daerah Dramaga, Bogor.

Warga melaporkan ada truk yang sering keluar masuk dari gudang Bulog di daerah Dramaga. Karena merasa curiga, warga kemudian melaporkan kejadian tersebut ke anggota TNI yang sedang melakukan Komsos.

Setelah mendapat laporan tersebut, Dwi Bima mengatakan, anggota TNI langsung mengikuti truk bermuatan raskin Bulog yang awalnya membawa beras tersebut ke daerah Sukamakmur, malah berhenti di sebuah rumah kosong yang berada di wilayah Cibinong.

"Kami bersama anggota kodim langsung menggerebek tempat tersebut hasilnya betul seperti yang dicurigai, rumah kosong tersebut dijadikan tempat pengoplosan beras bulog raskin," kata Letkol Dwi Bima.

Anggota kodim langsung memeriksa 4 orang pekerja, di mana salah satunya adalah pemilik gudang untuk dimintai keterangannya. Keempat orang tersebut adalah Djuwito selaku pemilik, Endin dan Asep selaku buruh yang mengoploskan beras bulog tersebut dan Haer sebagai sopir truk pengangkut beras.

"Kami tidak bisa menahan dan menetapkan mereka sebagai tersangka, kasus ini akan kami serahkan kepada pihak kepolisian, dan biar dari kepolisian yang akan memprosesnya nanti," ucapnya.

http://nasional.news.viva.co.id/news/read/661167-rumah-pengoplos-beras-bulog-digerebek-tentara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar