Rabu, 27 Mei 2015

Diduga Mengandung Plastik, Raskin Dikembalikan ke Bulog

Selasa, 26 Mei, 2015

KARAWANG, (PRLM).- Sebanyak 4,1 ton beras jatah untuk warga miskin (raskin) yang disinyalir bercampur dengan beras plastik dikembalikan Kepala Desa Pancakarya, Kecamatan Tempuran, ke Subdivre Bulog Karawang. Kepala desa setempat meminta beras tersebut ditukar dengan beras yang dinilai aman dikonsumsi.

Menurut Kepala Desa Pancakarya, Ata Jilun, pengembalian raskin tersebut berawal saat desanya menerima kucuran raskin jatah Mei 2015. Namun saat diperiksa ternyata bentuk beras tidak seperti beras pada umumnya.

“Raskin yang datang ke desa saya bentuknya persegi panjang dan ujungnya tidak lancip. Karena curiga raskin ini bercampur beras plastik, saya tidak membagikannya kepada masyarakat,” ujar Ata, di kantor desa setempat, Selasa (26/5/2015).

Menurut dia, raskin untuk Desa Pancakarya berasal dari gudang Bulog Palumbunsari, Karawang Timur. Beras tersebut semuanya 4,1 ton jatah untuk 274 rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTS-PM).

Dikatakan, sebelum raskin tiba, warga Desa Pancakarya sempat resah kabar beredarnya beras plastik di sejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Karawang. Oleh karena itu mereka sangat waspada saat membeli beras di pasar.

“Ketika raskin tiba di kantor desa, kecurigaan warga terhadap beras plastik masih kuat. Akibatnya mereka memeriksa raskin tersebut karung demi karung. Ketika mengetahui bentuk beras agak ganjil, warga menolak menerima raskin tersebut,” papar Ata.

Dalam kesempatan tersebut, Ata mengaku bersyukur karena raskin bisa ditukar dengan beras lain yang lebih bagus kualitasnya. Sebab, Perum Bulog Subdivre Karawang bersedia mengganti raskin yang ditolak warga itu.

Menanggapi hal itu, Kepala Suplai Perum Bulog Karawang, Nolly, mengungkapkan, raskin yang didistribusikan kepada warga melalui Perum Bolog kondisinya layak konsumsi dan terjamin dari beras plastik.

“Pada dasarnya kualitas beras kami jamin dan layak konsumsi. Tapi kalau sekirannya warga menolak beras tersebut, kami siap mengganti. Berapa pun silakan dikembalikan untuk diganti,” paparnya. (Dodo Rihanto/A-88)***

http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2015/05/26/328702/diduga-mengandung-plastik-raskin-dikembalikan-ke-bulog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar