Minggu, 08 Maret 2015

Warga Temukan Raskin Berkutu dan Berbau tak Sedap

Minggu, 08 Maret 2015

REPUBLIKA.CO.ID, SRAGEN -- Warga masuk kategori RTM (Rumah Tangga Miskin) penerima Raskin, kembali mengeluh. Sebab, beras jatah yang diterima bulan ini kualitasnya buruk. "Berbau dan berkutu serta memiliki warna kekuningan.
Menurut Suwarso (55 tahun), atas kekecewaan tersebut, ia dan warga lain terpaksa membawa lagi beras yang diterima ke penggilingan padi untuk 'disosoh'. Ini agar bersih untuk menghilangkan kutu, bubuk beras, dan bau yang kurang sedap.

Pengakuan penerima Raskin lainnya, Mulyono (50), warga Dukuh Poh Ireng RT 024 RW 08, Desa Guworejo, Karangmalang, Kabupaten Sragen. Ia menuturkan, beras yang diterima bulan ini lebih buruk dari sebelumnya. Selain bau apek, beras juga berwarna kuning. Dia mengira beras itu merupakan stok lama.

Menurut Mulyono, Raskin yang diterima November dan Desember 2014 lalu, berasnya juga bau. Tapi, ternyata Januari ini malah lebih buruk. "Saya kira itu adalah beras stok lama," katanya.

Tak jarang warga penerima Raskin menggiling kembali beras diterima. Hal ini bertujuan agar beras tidak berwarna kuning sehingga layak dikonsumsi. Menurutnya, ada warga terpaksa menjemur kembali beras untuk mengurangi baunya

"Lebih baik digiling lagi. Biar warna kuning pada beras bisa berkurang," ujarnya.

Penangungjawab pembagian Raskin Desa Guworejo, Paimin (55), juga mengeluhkan hal senada. Dia berharap jatah Raskin untuk masyarakat pada bulan selanjutnya bisa lebih baik lagi. "Kondisi ini rata-rata juga terjadi setiap kecamatan. Kami berharap jatah Raskin selanjutnya tidak seperti saat ini," ujarnya.

http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/15/03/08/nkvaoh-warga-temukan-raskin-berkutu-dan-berbau-tak-sedap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar