Jumat, 26 Desember 2014

Hati-hati Raskin 2015 Salah Sasaran

Kamis, 25 Desember 2014

KUDUS – Pemerintah Pusat menargetkan tahun depan pembagian beras untuk masyarakat miskin lebih tepat sasaran. Selain itu tidak ada lagi pemerataan demi menghindari permasalahan sosial di desa,
”Artinya, pembagian raskin nantinya harus sesuai dengan data jumlah rumah tangga sasaran (RTS) bukan lagi dibagikan secara merata terhadap warga lain yang namanya tidak tercantum sebagai penerima raskin demi menghindari potensi permasalahan di bawah," ujar Pokja Advokasi Daerah Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, Edi Safrijal.
Dia mengatakan, adanya kebijakan di tingkat bawah untuk dibagi secara merata lewat musyawarah mufakat, mengakibatkan RTS yang seharusnya menerima beras sebanyak 15 kilogram akhirnya berkurang. Karena harus dibagi secara merata dengan warga lain yang tidak mendapatkan jatah raskin. Berdasarkan data yang dimiliki TNP2K, distribusi raskin di Kabupaten Kudus memang terealisasi hingga 80 persen.
”Hanya saja, desil (golongan) 4-10 yang seharusnya tidak berhak mendapatkan raskin justru memperoleh raskin dengan persentase hingga 56,6 persen. Sementara desil 1-3 yang memang berhak mendapatkan raskin tercatat sebanyak 80 persen dengan raskin yang diperoleh kurang dari 4 kilogram dari seharusnya 15 kg per RTS," ujarnya, seperti ditulis Antara. (Suwoko / Akrom Hazami)

http://murianews.com/item/9566-hati-hati-raskin-2015-salah-sasaran.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar