Kamis, 09 Januari 2014

Kualitas Raskin Harus Layak Makan

Kamis, 9 Januari 2014

Jika Tidak, Warga Kembalikan

BITUNG—Berkaca dari pengalaman tahun lalu banyak beras miskin (Raskin) tidak layak konsumi, maka di awal tahun ini, pihak terkait diminta untuk memperhatikan hal itu. Menurut Billy Glan Lomban (BGL) salah tokoh muda Bitung, karena Raskin adalah beras subsidi pemerintah. “Artinya, walaupun masyarakat hanya membayar seberapa tapi sisanya dibayar pemerintah kepada Bulog. Jadi kualitasnya juga harus sesuai,” ujarnya kepada Manado Post kemarin.

Lanjut BGL, maka pihak penyedia dan penyalur harus selalu memperhatikan kondisi Raskin sebelum disalurkan. “Artinya cukup tahun lalu banyak masyarakat mengeluh, karena Raskin tidak layak dimakan akibat diterima dalam kondisi rusak,” tegasnya.
Ayub Dalita, Koordinator Lapangan (Korlap) Bulog  ketika dikonfirmasi mengatakan, masyarakat jangan salah membandingkan antara Raskin dan beras premium. “Karena Raskin yang digunakan bulog adalah beras medium,” singkatnya.

Terpisah, Camat Maesa Steven Suluh SSTP MSi mengatakan, telah ada kesepakatan dengan pihak Bulog. Seandainya  Raskin tidak layak akan dikembalikan. “Asalkan ada bukti yang ditemukan berasnya kotor dan tidak layak makan,” paparnya. Untuk itu, masyarakat dimintanya untuk teliti sebelum membeli Raskin.

Sementara, terkait rencana penambahan kuota penerima tahun ini, menurut Kepala Bagian Perekonomian  Andrias Tirayoh SE melalui Kasubag Koperasi Umum dan PM  Stenly Sajow SE, belum bisa dipastikan. Karena masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari provinsi yang biasanya turun Februari. “Tapi kemungkinan akan bertambah,” katanya. Soal kualitas Raskin menurut Sajow, bukan rana Bagian Perekonomian. “Karena kita  hanya menangani anggaran,” pungkasnya.(can)

http://www.mdopost.com/hariini/index.php?option=com_content&view=article&id=7712:kualitas-raskin-harus-layak-makan&catid=48:bitung&Itemid=59

1 komentar:

  1. Ini link foto rumah fariedh pemberian indarto atas penyelewengan movenas selama beberapa tahun ini. Semua tanah, bangunan, dan isinya mencapai puluhan milyar.

    Alamat rumahnya:
    Jalan Raden Patah no: 36 dan 38
    Dukuh Klodran
    Desa Sidomulyo
    Kecamatan Semen
    Kabupaten Kediri

    https://plus.google.com/photos/109414570950189276042/albums/5966453487622667425

    BalasHapus