Kamis, 29 Agustus 2013

HPP Rendah, Bulog Tak Mampu Serap Kedelai Lokal

29 Agustus 2013

YOGYA (KRjogja.com) - Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre DIY mengaku tidak bisa melakukan pembelian kedelai lokal dari petani. Sebab Harga Pembelian Pemerintah (HPP) untuk kedelai jauh dibawah harga jual petani yang saat ini berlaku di pasar.

Kepala Bulog Divre DIY, Awaludin Iqbal mengatakan sesuai Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) HPP kedelai sebesar Rp7.000 perkilogram. Sedangkan harga jual petani kedelai di DIY saat ini sudah mencapai Rp8.700 perkilogram. Hal ini yang menyebabkan Bulog DIY hingga kini tak bisa melakukan pembelian kedelai produksi petani lokal.

"Harga kedelai di tingkat petani sudah mencapai Rp8.700 hingga 8.900 per kilogram, sedangkan HPP kita hanya Rp 7.000 per kilogram jadi kita belum mampu beli kedelai petani," tandas Iqbal kepada KRjogja.com, Rabu (28/08/2013).

Iqbal menambahkan upaya pembelian kedelai dari petani juga belum dapat dilakukan karena saat ini produksi kedelai tidak dalam kondisi panen raya. Sedangkan kapasitas produksi kedelai di DIY meski surplus, selisih produksi yang dimiliki tidak terlalu banyak. (*-24)

http://krjogja.com/read/185292/hpp-rendah-bulog-tak-mampu-serap-kedelai-lokal.kr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar