Sabtu, 17 Agustus 2013

Bulog Siap Berperan Amankan Harga Pangan

16 Agustus 2013

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan merekomendasikan Perum Bulog untuk lebih berperan menjadi stabilisator harga pangan strategis. Bulog dinilai sebagai instrumen yang tepat untuk tugas tersebut.

Bulog telah sejak lama mengelola beras. Sejak Mei lalu, Bulog juga ditugasi untuk menjadi stabilisator sementara guna mengelola daging sapi.

Direktur Perum Bulog, Sutarto Alimoeso mengatakan kesiapan apabila diserahi tugas tersebut. Pihaknya akan mengelola komoditas pangan lain seperti halnya Bulog mengelola beras. "Tidak masalah," katanya ditemui di komplek DPR RI, Jumat (18/8).

Prinsip bisnis untuk Bulog menurut dia bukan semata mencari keuntungan. Selama tidak merugi, Bulog siap melakukan peran yang ditugasi pemerintah. Namun tetap perlu dicermati seberapa besar peran yang dimiliki Bulog.

Ia juga berharap Bulog tidak selalu ditugasi secara mendadak. Hal ini misalnya saja dalam mengelola harga daging. Bulog bergerak lebih efektif jika peran dilakukan secara berkelanjutan.

"Kalau Bulog baru disuruh begitu ada persoalan, hasilnya akan beda dibandingkan kalau disuruh dari awal seperti beras. Kami akan lebih siap," katanya.

Reporter : Meiliani Fauziah   
Redaktur : Djibril Muhammad

http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/08/16/mrmqwk-bulog-siap-berperan-amankan-harga-pangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar