Selasa, 16 April 2013

Presiden SBY: Bulog Harus Bantu Stabilisasi Harga Beras

16 April 2013

Karawang, Jawa Barat: Presiden meminta Badan Urusan Logistik (Bulog) membantu mengatur harga beras yang menguntungkan di tingkat petani, tetap juga tidak memberatkan masyarakat pembeli. Stabilisasi harga harus diberlakukan.
“Bulog juga harus mengatur harga beras dengan baik. Petani dapat penghasilan yang layak, tetapi rakyat juga bisa membeli beras tersebut, ya stabilisasi harga,” kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam dialog dengan petani dan nelayan di Dusun Jeruk Simer, Desa Rawa Gempol Wetan, Kecamatan Cilamaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa (16/4) siang.
Memang dalam persoalan komoditas ada hukum ekonomi atau pasar yang berlaku, yakni ketika panen dan barang melimpah, harga akan menurun. Begitu sebaliknya. Untuk itulah perlunya stabilisasi harga.
Persoalan fluktuasi harga ini juga dikeluhkan Aep dari kelompok nelayan. Menurut Aep, nelayan garam tidak pernah menikmati harga yang baik saat panen. Presiden SBY memahami persoalan tersebut. Sejak 2004 lalu, SBY sudah mendengar keluhan petani garam.
“Menurut hukum ekonomi, manakala barang melimpah di pasar maka harga cenderung turun, tapi kalau barang kurang maka harga naik. Itu berlaku di seluruh dunia,” Presiden menjelaskan.
Sebelumnya, Presiden SBY menjelaskan, saat ini perekonomian Indonesia tumbuh baik, penerimaan dan belanja negara juga meningkat. Tetapi yang dibangun di seluruh Indonesia itu banyak, sementara APBN selalu ada keterbatasan.
“Pembangunan di Indonesia sangat luas dan tidak hanya berkonsentrasi di sektor pertanian dan perikanan, sehingga pembangunan serta peningkatan harus dilakukan dengan adil, melihat perioritas dan melalui tahapan yang baik,” ujar Presiden.
Isu perubahan iklim yang mengganggu pertanian juga diangkat dalam dialog. Akibat perubahan iklim seluruh negara terkena dampaknya. Oleh karena itu, pemerintah juga telah menjalankan kampanye anti illegal logging.
“Mari kita pelihara lingkungan kita, hutan kita, dengan begitu pertanian kita akan baik,” SBY berpesan.
Seusai berdialog dengan petani dan nelayan, SBY dan Ibu Ani langsung bertolak kembali ke Jakarta. (webpresiden/dik)

http://www.demokrat.or.id/2013/04/presiden-sby-bulog-harus-bantu-stabilisasi-harga-beras/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar