Rabu, 24 Februari 2016

Sekda Tuban Minta Bulog Mengganti Rastra tak Layak Konsumsi yang Diterima Masyarakat

Selasa, 23 Februari 2016

SOSIALISASI: Bulog Tuban saat memberi pengarahan pada camat dan kepala desa se-Kabupaten Tuban terkait Rastra. foto: suwandi/ BANGSAONLINE
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana meminta kepada pihak Badan Urusan Logistik (Bulog) agar berkomitmen meningkatkan kualitas Beras Sejahtera (Rastra). Sebab saat ini masih banyak temuan rastra berkualitas buruk yang diterima masyarakat.

“Jika selama ini masih ada temuan beras bantuan pemerintah tersebut yang kurang layak, maka dari evaluasi pemkab meminta pada bulog agar memiliki komitmen mengganti beras yang tak layak konsumsi, meski sudah didistribusikan pada masyarakat,” kata Budi sapaan akrabnya seusai menghadiri rapat evaluasi Rastra 2015 di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Selasa (23/2).

Setelah adanya evaluasi rastra dengan seluruh camat dan kepala desa se-Kabupaten Tuban ini, ia berharap bulog dapat bekerja sama dalam penyediaan beras yang layak konsumsi. Ia juga meminta masyarakat turut aktif melaporkan pada pihak desa jika menemukan beras tidak layak konsumsi sembari pemerintah tetap melakukan pengawasan berbagai persoalan pembagian rastra.

“Jika ditemukan rastra tidak layak konsumsi maka laporkan saja supaya diganti,”pintanya.

Pihak bulog juga harus secepatnya menindaklanjuti jika ada persoalan tersebut. “Jangan-jangan setelah beras diganti, namun pengirimannya selanjutnya tetap sama, itu yang tidak kita harapkan,”jelasnya.

Di sisi lain, Kepala Desa Sumurgung, Kecamatan Montong, Mujami’in, mengeluhkan lamanya proses penukaran tersebut. "Ini membuat masyarakat enggan menukarkan rastra (kualitas buruk.red) tersebut,” ungkap Mujami’in.

"Padahal masyarakat inginnya cepat karena akan dimasak dan dikonsumsi,” terangnya. (wan/rev)

http://www.bangsaonline.com/berita/19676/sekda-tuban-minta-bulog-mengganti-rastra-tak-layak-konsumsi-yang-diterima-masyarakat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar