Minggu, 09 Agustus 2015

Pedagang Daging Sapi Mogok Jualan, Bulog Gelar Operasi Pasar

Minggu, 9 Agustus 2015
Pedagang Daging Sapi Mogok Jualan, Bulog Gelar Operasi Pasar

Jakarta -Menanggapi rencana mogok jualan pedagang sapi yang tergabung dalam Asosiasi Pedagang Daging dan Sapi Potong Indonesia (APDASI) di Bandung dan Jakarta, Perum Bulog langsung bergerak cepat dengan kembali menggelar operasi pasar (OP).

Direktur Pengadaan Bulog Wahyu mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi aksi protes pedagang daging dengan melakukan OP di 3 titik pasar di Jakarta, 2 titik di Serang, dan 3 titik di Bandung.

"Kalau Bandung kita lakukan operasi pasar di Pasar Kosambi, Pasar Sederhana, dan Pasar Haurgeulis hari ini. Kalau Jakarta salah satunya di Pasar Mayestik, lainnya saya lupa," ujar Wahyu pada detikFinance, Minggu (9/8/2015).

Menurut Wahyu, pihaknya masih berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian untuk menambah titik-titik OP untuk mengantisipasi kelangkaan dan lonjakan harga daging sapi saat aksi mogok pedagang sapi yang berlangsung hingga Rabu nanti.

"Kita sudah terima laporan kalau asosiasi pedagang di Jakarta dan Bandung mau mogok. Rencana mogok sudah kita ketahui sejak 3 Agustus lalu. Ini kan berbahaya, kita akan langsung upayakan harga daging tetap stabil meski pedagang mogok," jelasnya.

Wahyu mengungkapkan, untuk harga daging OP kali ini, pihaknya mematok harga daging sebesar Rp 90.000/kg. "Naik Rp 2.000/kg. Pas OP sebelum Lebaran kan Rp 88.000/kg. Kita sudah siapkan 250 ton daging di gudang kita," katanya.

Aksi mogok jualan ini dilakukan lantaran pedagang karena frustasi akibat merosotnya penjualan daging akibat meroketnya harga daging sapi pasca Lebaran.

Harga daging sapi saat ini masih dijual seharga Rp 120.000/kg, atau naik sejak sebelum Lebaran lalu yang masih dibanderol seharga Rp 110.000/kg.

Sementara harga karkas (daging dan tulang) yang dijual di rumah jagal sudah mencapai Rp 94.000/kg. Sementara, sebelum Lebaran karkas masih dipatok seharga Rp 86.000/kg, dan saat normal sebesar Rp 80.000/kg.


(ang/ang)
http://finance.detik.com/read/2015/08/09/090808/2987044/4/pedagang-daging-sapi-mogok-jualan-bulog-gelar-operasi-pasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar