Minggu, 09 Agustus 2015

Ditemukan Raskin Berkualitas Buruk, DPRD Banjar Akan Panggil Bulog Ciamis

Sabtu, 8 Agustus 2015

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Komisi I DPRD Kota Banjar mengagendakan pemanggilan pihak Sub Divre Bulog Ciamis, terkait temuan beras berkualitas jelek dan berkutu untuk rakyat miskin (raskin) di Kota Banjar.

“Kami akan memanggil Bulog Ciamis guna meminta penjelasan dan mengetahui pokok permasalahan kejadian tersebut. Dan surat pemanggilan telah kami layangkan untuk hadir pada hari Senin (10/08/2015) besok,” kata ketua Komisi I DPRD Kota Banjar, Natsir, kepada HR Online, via telepon seluler, Sabtu (08/08/2015).

Dijelaskan Natsir, pemanggilan itu selain menindaklanjuti laporan dan keluhan dari rumah tangga sasaran (RTS), juga DPRD Banjar sendiri menilai Bulog selaku badan penyangga pangan dinilai kurang memperhatikan raskin yang disalurkannya.

“Kejadian itu bukan yang pertama di Banjar, sebab sebelumnya juga terjadi hal serupa yakni pada bulan Februari dan Maret 2015. Makanya Bulog dipanggil bagaimana tanggungjawab serta langkah antisipasi agar kejadian serupa tidak terulang kembali,” tukasnya.

Meski pada kenyataannya Bulog melakukan penggantian. Namun, tidak hanya sebatas selesai dengan penggantian saja. Artinya, itu belum sampai menyelesaikan persoalan.

“Jika tak ada solusi lebih tepat dan pengawasan yang lebih ketat, hal demikian tidak menutup kemungkinan akan terus terulang kembali. Memang Bulog sudah memiliki standar operasional, akan tetapi apakah hal tersebut sepenuhnya dilaksanakan,” ujar Natsir.

Untuk itu, pihaknya akan mempertanyakan sejauhmana SOP tersebut dijalankan. Dia menduga raskin yang dikirim bukan pembelian dari petani atau mitra di Banjar, sebab kualitas petani di Banjar ini cukup bagus.

“Selain Bulog yang dipanggil, dalam waktu bersamaan kami sekaligus memanggil Dinas Sosial Kota Banjar dan Bidang Ekonomi Sekretariat Daerah Kota Banjar. Penganggaran dan teknisnya ada pada OPD tersebut, jadi harus sama-sama memberi penjelasan,” jelasnya.

Tak menutup kemungkinan juga pihaknya akan menghadirkan sang pelapor yaitu RTS penerima raskin. Agar semuanya selesai dan jelas, jadi dibutuhkan duduk bersama. (Nanks/R5/HR-Online)

http://www.harapanrakyat.com/2015/08/ditemukan-raskin-berkualitas-buruk-dprd-banjar-akan-panggil-bulog-ciamis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar