Sabtu, 11 Juli 2015

Tiap Bulan Sampel Raskin Dipajang di Pendapa

Sabtu,11 Juli 2015

PURWOKERTO – Penyaluran beras miskin (raskin) kepada masyarakat penerima di Kabupaten Banyumas setiap bulannya akan diambil sampel dan dipajang di Pendapa Si Panji.

Hal itu dilakukan untuk memudahkan pengawasan dan koordinasi jika sewaktuwaktu ada temuan atau laporan raskin kurang memenuhi syarat langsung bisa ditindaklanjuti atau dicarikan solusi.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Banyumas, Sugiyanto, menyatakan semula pengambilan sampel hanya direncanakan tiga bulan, yakni dari Juli hingga September. Namun dari hasil evaluasi Kamis sore lalu, Bupati mengharapkan bisa dilakukan seterusnya tiap bulan.

”Tujuannya untuk memastikan raskin yang tersalurkan kondisinya benar-benar seperti yang diharapkan masyarakat penerima, karena di Banyumas pihak Bulog sudah berkomitmen merupakan hasil penyerapan beras baru,” katanya, kemarin.

Terkait hasil sampel dari 27 kecamatan untuk jatah Juli disalurkan akhir Juni lalu yang warna berasnya agak kecokelatan hanya ditemukan di Desa Kalicupak Lor dan Kalisogra Kecamatan Kalibagor. Untuk mayoritas di desa lain kualitasnya bagus.

Saat evaluasi Kamis lalu, kades dari dua desa tersebut juga datang dan memperlihatkan beras yang sudah disalurkan ke warga. Menurut mereka warga yang sudah menerima tidak ada yang komplain.

Panen Baru

”Itu berarti memang masih layak dikomsusmsi. Saat dicium bau berasnya juga hasil panenan baru. Cuma saat raskin datang ke desa sebelum dibagikan ke warga, saat diambil sampel dan dikirimkan ke Bupati sempat ditemukan warnanya cokelat dan ada yang remuk,” terangnya Kepala Subbulog Divre IV Banyumas, Setio Wastono, mengatakan kejadian temuan sampel di dua desa di Kecamatan Kalibagor sudah dilakukan pelacakan. Saat ada laporan masuk waktu itu pihak gudang dan satgas juga turun langsung ke desa tersebut.

”Hasil pelacakan kita, kondisi berasnya seperti itu karena dari sumber asal panenan, kondisi tektur berasnya memang seperti itu. Beras yang dikirim rekanan itu campuran ada yang dari Banyumas dan Cilacap,” jelasnya.

Untuk jatah raskin di Banyumas semua hasil panenan baru. Stok yang ada di gudang Bulog saat ini bisa mencukupi sampai Januari tahun depan. Adapun daerah lain seperti Cilacap, kata dia, stok lama masih setengah penyaluran.

Kemudian Purbalingga satu penyaluran dan Banjarnegara juga setengah penyaluran. Sebelum disalurkan, juga dilakukan perbaikan kualitas. Setelah itu semua penyaluran raskin sudah memakai beras baru. (G22-17)

http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/tiap-bulan-sampel-raskin-dipajang-di-pendapa/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar