Kamis, 02 Juli 2015

Raskin Dijual RP 5 Ribu Per Kg

Rabu, 1 Juli 2015
 
SUMENEP, koranmadura.com – Penerima manfaat bantuan beras untuk warga miskin (raskin) di Desa Brakas, Kecamatan/Pulau Raas, ditengarai menjual raskin seharga Rp 5000 per kilogramnya. Raskin yang diterima langsung dijual ke pasar karena tidak layak konsumsi.

“Setelah warga menerima raskin, mereka langsung menjualnya ke pasar dengan harga Rp 5000 per kilogram,” ungkap tokoh masyarakat Desa Tonduk, Kacamatan/Pulau Raas, Busyanto, Selasa (30/6).

Uang hasil penjualan beras medium tersebut dibelikan beras premium. “Setelah dijual ke salah satu pedagang, warga membeli beras jenis premium dengan harga yang lebih mahal, seperti beras merk Ikan Paus,” terangnya.

Kabag Perekonomian Setkab Sumenep Moh. Hanafi belum bisa memberikan keterangan pers karena mengaku belum mengetahui kebenarannya. “Kami masih belum dapat laporan, baik dari penerima maupun dari tokoh masyarakat setempat,” katanya.

Namun, mantan Camat Lenteng itu menyayangkan beredarnya dugaan tersebut. Jika alasan warga menjual karena kualitas raskin jelek, lebih baik jangan diterima dan dikembalikan kepada Bulog untuk diganti dengan yang lebih bagus.

“Kami telah koordinasi dengan Bulog. Bulog siap mengganti jika ada permasalahan, seperti kualitas dan berat takaran tidak sesuai dengan ketentuan pemerintah,” terangnya, kemarin.

Kepala Bulog Sumenep Ainul Fatah mengatakan siap untuk menganti apabila beras yang diterima warga tidak sesuai ketentuan. “Silakan kembalikan saja ke Bulog. Kami pasti akan segera menggantinya,” ujarnya.

Namun, jangan menuntut pengganti dengan kualitas sama yang biasa dijual di pasaran. Sebab, beras Bulog beras jenis medium sedangkan di pasaran jenis beras premium. “Harganya pun juga lebih murah, hanya Rp 7300 per kilogramnya. Kalau beras premium kan harganya belasan ribu per kilogramnya,” tukasnya.

Untuk diketahui, penebusan raskin sejak bulan Januari hingga Mei 2015 hanya 7.744.650 ton dari yang mestinya sudah mencapai 8.728.350 dengan kuota setiap bulannya sebanyak 1.745.670 ton. Rinciannya, bulan Januari hanya terealisasi 1.001.265 ton, Februari 784.380 ton, Maret 481.665 ton, April 283.890 ton, dan Mei 145.950 ton.

(JUNAEDI/MK)

http://www.koranmadura.com/2015/07/01/raskin-dijual-rp-5-ribu-per-kg/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar