Jumat, 03 Juli 2015

Hasil Uji Lab, Beras Bulog Tidak Sesuai Standar

Jumat, 03 Juli 2015

blokBojonegoro.com - Hasil Lab PT Angler Bio Chem menyatakan pengujian sampel raskin tidak sesuai standar. Meliputi butir padi pecah, menir beras rusak dan kadar air rendah. Seharusnya Bulog Sub-Divre III menolak beras dari mitra kerja yang tidak memenuhi standar kualitas.

Hal ini terutama menyangkut kadar butir patah (broken) yakni, maksimal 20 persen tiap karung kemasan 15 kilogram. Kemudian soal kadar air, dan menir dibawah parameter uji. Dalam kasus ini bisa saja terjadi faktor kesengajaan petugas gudang tidak melakukan pengecekan dan pengambilan sampel sebelum beras diturunkan dari truk untuk dibawa masuk ke dalam gudang penyimpanan.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Hendri Fiuser menegaskan hal tersebut diperoleh berdasarkan hasil laborat. Karena itu, lanjut dia, apakah Bulog dan rekanannya sudah menyortir kualitas beras dari para mitra kerjanya yang sudah memenuhi kontrak. Karena itu, masalah ini masih dalam penyelidikan aparat.

"Sebagai penyedia kebutuhan pangan dengan beras berkualitas abal-abal sangat merugikan masyarakat. Makanya pelaku dapat disangkakan dengan Undang-Undang Pangan," tegas Kapolres.

Setelah beras dari mitra kerja masuk dalam gudang penyimpanan, paling maksimal dalam waktu satu tahun harus sudah didistribusikan. Dikarenakan penyimpanan beras di gudang tidak boleh lebih dari satu tahun.

Dengan demikian, para mitra kerja pengadaan yang sudah melakukan kontrak harus merealisasikan kontraknya, benar-benar menjaga kualitas. "Nah, disini siapa yang mengabaikan, sehingga resikonya beras berkutu," lanjutnya.

Sepertinya dalam kasus ini ada oknum yang diduga meloloskan beras dengan kualitasnya di bawah standar. Padahal beras seperti itu harusnya ditolak untuk diproses ulang. Meski demikian, sampai sekarang Kapolres enggan menyebut siapa calon tersangka dalam kasus ini. Sebaliknya, pihak Bulog juga enggan dimintai keterangan mengenai masalah ini.[oel/mu]

http://blokbojonegoro.com/read/article/20150703/hasil-uji-lab-beras-bulog-tidak-sesuai-standar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar