Selasa, 09 Juni 2015

Ditemukan Kutu Pada Raskin Jatah Juni

Senin, 8 Juni 2015

PURBALINGGA, suaramerdeka.com – Tim verifikasi beras untuk orang miskin (raskin) Kabupaten Purbalingga menemukan adanya beras berkutu di Gudang Bulog Karangsentul, Senin (8/6). Di samping berkutu, beras tersebut juga banyak menir atau beras patahan.

Ketua tim verifikasi raskin Lili Purwati mengakui secara umum kondisi raskin yang ada di gudang cukup bagus. Untuk prosentase rusak kurang dari 20 persen, menir kurang dari 2 persen, sosohnya 95 persen. Namun di salah satu stafel ditemukan kutu beras.

“Oleh karena itu, kami minta Bulog untuk melakukan fumigasi sebelum didistribusikan, agar kutu mati dan tidak berkembang,” kata Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Ketahanan Pangan (BPPKP) Purbalingga ini.

Pihaknya berharap, untuk penyaluran bulan Juni, masyarakat miskin dapat raskin dengan kualitas baik. Terlebih menjelang Ramadhan, sehingga harapannya warga penerima raskin dapat menikmati beras yang enak.

Tim verifikasi melakukan pengecekan raskin di Bulog Karangsentul untuk memastikan beras yang akan didistribusikan dalam kondisi layak. Bagi Bulog, tim verifikasi minta untuk lebih selekstif dan cermat dalam memasukan beras ke gudang, termasuk pula agar menekan para mitra bulog agar menjaga kualitas raskin.

Rencana raskin kuota Juni akan didistribusikan mulai Selasa-Jumat (9-12/6). Sesuai kesepakatan, bila ditemukan raskin yang tidak memenuhi standar, meskipun hanya ditemukan satu kantong atau 15 kg, bulog harus mengganti dengan beras yang baru. Tim Verifikasi Raskin terdiri atas Inspektorat, BPPKP, Dinperindagkop dan Bagian Perekomonian Setda.

(Ryan Rachman/CN41/SMNetwork)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar