Kamis, 25 Juni 2015

Bulog Akui Ada Ribuan Ton Beras di Gudangnya yang Mutunya Jelek

Kamis, 25 Juli 2015

Jakarta -Pihak Perum Bulog mengakui dari stok 1,4 juta ton beras yang tersebar di seluruh Indonesia ada ribuan ton yang mutunya rendah. Bulog akan melakukan proses agar bisa meningkatkan mutu sebagian beras-beras tersebut.

"Dari 1,4 juta ton merupakan pengadaan tahun 2014 sejumlah 138.000 ton. Dari 138.000 ton tersebut terdapat yang turun mutu kurang lebih 14.000 yang saat ini sedang dilakukan proses reprocessing," kata Direktur Pelayanan Publik Wahyu Suparyono dalam surat elektronika yang diterima detikFinance, Kamis (25/6/2015).

Pihaknya saat ini sedang melakukan proses ulang terhadap beras-beras yang mutunya jelek tersebut melalui proses sortasi, blower dan pengayaan sehingga mutunya menjadi lebih baik.

"Beras itu barang biologis, maka dari itu seiring waktu penyimpanan akan mengalami perubahan kualitas. Apalagi Indonesia ini negara tropis yang kelembabannya tinggi," katanya.

Ia mengatakan, untuk mencegah hama dan penurunan mutu beras, maka gudang Bulog dijaga kebersihan, sanitasi dan aerasinya (dianginkan). Untuk pemberantasan hama gudang setiap bulan dilakukan spraying dan 3 bulan sekali dilakukan fumigasi.

Wahyu mengatakan di beberapa gudang juga telah dilakukan perawatan dengan memakai sistem CO2 stack. CO2 stack itu beras disungkup sekedap mungkin dengan plastik khusus , kemudian gas CO2 diinjeksikan hingga konsentrasinya mencapai minimal 80 % dan komoditas beras dibiarkan tersungkup dengan gas CO2 hingga kurun waktu yang lama dengan harapan respirasi komoditas dapat ditekan dan hama maupun jamur dapat ditekan pertumbuhannya.

"Dengan cara ini beras bisa awet disimpan lama," katanya.

Sebelumnya pemerintah mengungkapkan soal keberadaan beras untuk masyarakat miskin (raskin) yang berkualitas buruk yang saat ini tersebar di gudang-gudang Perum Bulog di daerah. Berdasarkan perkiraan ada sekitar 400.000 ton raskin tak layak konsumsi yang harus dimusnahkan.
(hen/rrd)

http://finance.detik.com/read/2015/06/25/143916/2952222/1036/bulog-akui-ada-ribuan-ton-beras-di-gudangnya-yang-mutunya-jelek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar