Kamis, 09 April 2015

Ditemukan Raskin Berwarna Kuning dan Remuk

Kamis, 9 April 2015


TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Beras untuk masyarakat miskin (Raskin) berwarna kuning dan remuk masih ditemukan di sebagian wilayah di Kulonprogo. Raskin yang kondisinya tidak layak tersebut menjadi temuan Tim Koordinasi Raskin dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan, Kamis (9/4/2015).
Tim tersebut melakukan pemantauan distribusi raskin sampai ke tingkat masyarakat. Mereka mengambil sampel beras tersebut dari beberapa Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS PM). Tidak hanya itu, anggota tim juga merasakan nasi hasil olahan raskin di salah satu rumah warga penerima.
Kepala Dinsosnakertrans Kulonprogo, Eko Pranyata, mengatakan tim berhasil mengumpulkan sampel raskin dari 87 desa dan kelurahan di Kulonprogo. Masing-masing tim raskin dan TKSK tersebut kemudian membawa sampel itu pada Rakor Raskin di Dinsosnakertrans.
"Dari sampel yang terkumpul, terdapat 20 persen berasnya dalam kondisi remuk," ungkap Eko, Kamis (9/4/2015).
Eko menjelaskan, permasalahan raskin tak layak selama ini memang menjadi persoalan klasik. Sebab itu, pengambilan sampel dari warga penerima saat distribusi dimaksudkan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Eko berharap dengan upaya itu persoalan kelayakan raskin teratasi.
Tidak hanya kondisi raskin yang remuk, dalam evaluasi distribusi raskin Maret, tim juga menemukan raskin berwarna kuning. Disebutkan temuan itu terutama di wilayah Kalibawang. Di lokasi lain, menurut Eko, Kades Srikayangan terpaksa menolak raskin yang didistribusikan karena tidak layak. "Saat itu bulog langsung menggantinya dengan yang baik," ujarnya. (*)

Laporan Reporter Tribun Jogja, Yoseph Hary

http://jogja.tribunnews.com/2015/04/09/ditemukan-raskin-berwarna-kuning-dan-remuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar