Jumat, 20 Maret 2015

Warga Penerima Raskin di Bengkulu Keluhkan Kualitas Beras Jelek dan Apek

Kamis, 19 Maret 2015

[BENGKULU] Sejumlah warga penerima raskin di Bengkulu mengeluhkan kualitas beras yang disalurkan Bulog setempat jelek dan berbauk apek. Diduga beras yang disalurkan tersebut sudah lama disimpan di gedung Bulog Bengkulu.

"Kualitas beras Bulog yang disalurkan kepada warga penerima raskin sekarang ini, jelek dan berbauk agak apek, sehingga kurang enak disantap," kata beberapa warga penerima raskin di Kota Bengkulu, Kamis (19/3).

Warga berharap kualitas raskin yang akan disalurkan bulan berikutnya agar lebih baik lagi, sehingga meski beras subsidi rasanya enak. "Selama ini kualitas raskin cukup baik, tapi penyaluran bulan ini agak jelek," ujarnya.

Kepala Bulog Bengkulu, Sugeng Rahayu mengatakan, jika benar beras raskin yang diterima masyarakat kualitas jelek dan baik apek silakan lapor ke Bulog, akan diganti dengan beras kualitas baik.

"Silakan warga datang ke Bulog untuk menukarkan beras yang kualitasnya jelek, akan kita ganti dengan beras lebih baik lagi. Kita tidak ada niat untuk menyalurkan raskin kualitas jelek," ujarnya.

Ia mengaku, raskin yang disalurkan pihaknya kepada warga di Bengkulu, selama ini tidak ada masalah dan baru sekarang ada keluhan. Namun demikian, Bulog Bengkulu siap menukar raskin yang kualitas jelek tersebut.

Untuk mengantisipasi hal ini tidak terjadi lagi ke depan, Bulog Bengkulu pada musim panen tahun ini, akan membeli beras petani sebanyak-banyak, sehingga stok beras raskin di daerah ini melimpah.

Dengan demikian, Bulog Bengkulu tidak lagi mendatangkan beras dari luar untuk raskin. "Kami berusaha sekuat mungkin untuk membeli beras lokal pada musim panen Juni mendatang, sehingga stok raskin di Bengkulu tersedia dalam jumlah banyak," ujarnya.

Penerima raskin di Bengkulu sebanyakj 121.574 RTS, tersebar di 9 kabupaten dan kota karena kabupaten Mukomuko tetap menolak jatah raskin tahun 2015. [143/N-6]

http://sp.beritasatu.com/ekonomidanbisnis/warga-penerima-raskin-di-bengkulu-keluhkan-kualitas-beras-jelek-dan-apek/81797

Tidak ada komentar:

Posting Komentar