Senin, 16 Maret 2015

Warga Jember Terima Raskin Kurang 15 Kilogram

Minggu, 15 March 2015

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Warga miskin di Kabupaten Jember, Jawa Timur, menerima jatah beras untuk masyarakat miskin (raskin) kurang dari 15 kilogram, karena alasan pemerataan.

Penerima raskin warga Kelurahan/Kecamatan Patrang Munipa, Minggu, mengatakan warga di kelurahan setempat menerima raskin sebanyak 4,5 kilogram per bulan, karena jatah raskin di kelurahan setempat dibagi rata.

"Setiap bulan saya selalu dapat jatah raskin sebanyak 4,5 kilogram dan harga per kilogram sebesar Rp1.600, sehingga saya harus mengeluarkan uang sebesar Rp7.200 untuk menebus raskin per bulan," tuturnya.

Menurut dia, sebagian warga penerima raskin biasanya memoles beras yang diterima dari pihak Bulog Jember, agar warnanya lebih putih dan rasa beras tersebut lebih enak.

"Kami biasanya memoles beras itu melalui Pak Kampung (Kepala Dusun), dan beras yang sudah dipoles seberat 4,5 kilogram ditebus seharga Rp10.000," paparnya.

Hal senada juga disampaikan penerima raskin warga Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Amin yang mengaku mendapatkan jatah raskin sebesar 4,5 kilogram setiap bulan.

"Saya tidak pernah menerima raskin sebanyak 15 kilogram, karena pihak kelurahan menyampaikan alasan pemerataan untuk semua warga miskin. Katanya, tidak semua warga miskin dapat raskin, sehingga harus dibagi rata dengan warga miskin lainnya," ungkapnya.

Sementara Wakil Kepala Bulog Sub-Divre XI Jember, Rachmawati membenarkan realisasi penyaluran raskin di beberapa desa/kelurahan di Jember tersebut.

"Memang ada seperti itu, dengan alasan pemerataan. Kalau seperti itu bukan lagi wilayah Bulog, karena sesuai dengan aturan seharusnya setiap rumah tangga sasaran (RTS) penerima raskin menerima beras 15 kilogram," ucapnya.

Ia menjelaskan kebijakan pemerataan tersebut biasanya merupakan kebijakan dari perangkat desa/kelurahan, namun pihak Bulog Jember tetap menyalurkan sesuai dengan ketentuan.

"Jumlah penerima raskin di Jember sebanyak 192.591 RTS setiap bulan dan distribusi raskin bulan Januari dan Februari sudah didistribusikan," ujarnya.

http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/15/03/15/nl991b-warga-jember-terima-raskin-kurang-15-kilogram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar