Jumat, 13 Maret 2015

Mutu Jelek, Raskin Dijual Lagi

Kamis, 12 Maret 2015

WIRADESA – Sejumlah warga penerima program beras miskin (Raskin) memilih menjual kembali beras karena mutu yang jelek. Beras yang tak layak konsumsi baru disalurkan Bulog melalui desa masing-masing. Harga beras dijual sangat bervariasi dari Rp 3.000 sampai Rp 4.000 perkilogram. Sedangkan pemerintah telah menetapkan harga tebus beras miskin hanya Rp 1.600/Kg untuk masyarakat tidak mampu.

“Lah, beras jatah (Raskin) karena berdebu, warna kusam atau tidak layak konsumsilah biasanya kita jual kembali, dan paling tidak kita gunakan untuk kondangan kepada tetangga yang sedang punya hajat,” ungkap Ruminah warga Kajen selaku penerima Raskin itu.

Ia mengaku meski program itu untuk rakyat miskin, namun dalam kenyataanya menjadi Rasto (Beras Roto). Orang kaya atau miskin dapat beras jatah (Raskin) sehingga disebut Beras Roto.

“Sekarang tak kaya atau miskin sama dapat semua, karena dari desa kadang dibagi roto, padahal itukan program untuk membantu rakyat kurang mampu,” cetusnya.

Sementara terpisah, salah seorang penjabat Desa Sijeruk, Sragi, Kirnoto mengaku bahwa mutu beras Raskin yang jelek merupakan hal yang biasa. Karena dari penyimpanan di gudang juga lebih dari 6 bulan.

“Memang dari dulu mutu Raskin yang dikirim tidak layak konsumsi, sehingga masyarakat yang mendapatkan lebih memilih untuk dijual kembali dengan harga Rp 3.000 sampai Rp 4.000 perkilogram,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, belakangan ini maraknya keluhan akan mutu Beras Miskin (Raskin) jelek dikirimkan ke sejumlah wilayah. Atas informasi tersebut, Bupati Pekalongan, H Amat Antono, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Gudang Bulog Wiradesa, Selasa (10/3). Dari Sidak, Bupati menemukan kualitas Raskin jelek.

Bupati sendiri saat sidak didampingi oleh Asisten II Sekda, Hari Suminto. Sidak dilakukan di Kantor Kelurahan/ Kecamatan Sragi dan Kantor Kepala Desa Pait, Siwalan. Dua tempat itu merupakan wilayah yang dikirim stok Raskin dari Bulog Wiradesa untuk dibagikan kemasyarakat.

Dalam Sidak ditemukan Raskin dengan mutu jelek, seperti beras sudah berubah warna setengah kemerahan atau pucat, berbau, terdapat kutu. (yon)

http://www.radarpekalonganonline.com/67259/mutu-jelek-raskin-dijual-lagi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar