Jumat, 09 Januari 2015

Karantina Pangkalpinang Temukan Kutu di Beras Bulog

Kamis, 8 Januari 2015

Pangkalpinang (Antara Babel) -  Balai Karantina Pertanian Kelas II Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, menemukan hama kutu di beras Bulog.

"Setiap pemeriksaan beras Bulog, selalu ditemukan kutu dalam jumlah cukup banyak dan diduga hama tersebut berkembang karena beras tersebut terlalu lama disimpan dalam gudang," kata Kepala Seksi Karantina Tumbuhan BKP Kelas II Pangkalpinang Kostan Manalu di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan setiap pembongkaran beras di Pelabuhan Pangkalbalam, petugas selalu menemukan kutu di dalam karung beras tersebut.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Bulog untuk memusnahkan kutu tersebut sebelum dibagikan kepada warga yang mendapat jatah beras bersubsidi tersebut," ujarnya.

Selama ini, kata dia, belum dilakukan penahanan terhadap beras berkutu tersebut karena beras bersubsidi memiliki sertifikat kesehatan yang lengkap dari daerah asal beras.

"Meski dokumen produk pertanian tersebut lengkap, namun kami harus memeriksa kondisi fisik produk pertanian tersebut," ujarnya.

Ia berharap pihak Bulog lebih meningkatkan pemeliharan dan kualitas beras di gudang sebelum dibagikan kepada masyarakat.

"Beras berkutu ini tidak akan mengganggu tanaman lain tetapi akan mengganggu kesehatan yang mengonsumsi beras tersebut," ujarnya

http://www.antarababel.com/berita/17146/karantina-pangkalpinang-temukan-kutu-di-beras-bulog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar