Kamis, 22 Januari 2015

Bulog Teriak Maling, Negara Rugi Miliaran Rupiah

Rabu, 21 Januari 2015

suararakyat.org – Kerugian negara, akibat pengadaan raskin fiktif di gudang Bulog Sub Drive XII Madura di Pamekasan diperkirakan miliaran rupiah.

Kasi Pidana Khusus Kejari Samiadji Zakaria menjelaskan, jumlah beras di gudang Bulog Sub Divre XII Madura yang dilaporkan hilang oleh pihak Bulog ke Kejari Pamekasan itu sebanyak 1.504, 07 ton, atau setara dengan Rp1,8 miliar.

Kasus hilangnya beras Bulog itu terungkap setelah Bulog Sub Divre Jatim melakukan audit internal di Bulog Sub Divre XII Madura. Dari hasil audit itu lalu ditemukan bahwa sebanyak 1.504,07 ton beras hilang, dengan kerugian negara mencapai Rp1,8 miliar.

“Jumlah kerugian negara sebesar Rp 1,8 miliar ini belum termasuk termasuk kerugian tahunan yang dialami oleh negara sebesar Rp 58 miliar lebih, karena digelapkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sebab berdasarkan hasil kajian Forum Kajian Kebijakan Publik (FPPK), setiap bulannya beras yang disalurkan kepada masyarakat hanya sekitar 3 kilogram, dari seharusnya 15 kilogram,”tutur Samiadji.

Bahkan beberapa desa di Kabupaten Pamekasan pencairan raskin hanya dilakukan sekitar 6 bulan dalam setahun. Padahal, jatah raskin seharusnya 12 bulan dalam setahun, termasuk bantuan raskin bulan ke-13. (SR)

http://koransuararakyat.org/ksr/2015/01/bulog-teriak-maling-negara-rugi-miliaran-rupiah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar