Selasa, 06 Januari 2015

28.840 Orang Mampu Terima Raskin

Selasa, 6 Januari 2015

Kendari, KP - Penyaluran beras untuk rakyat miskin (raskin) belum tepat sasaran. Berdasarkan tabulasi penerima menurut kuantil 2014 melalui Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra, dari 158.716 rumah tangga sasaran (RTS) dalam pagu raskin, jumlah orang mampu menerima raskin 28.840, dengan harga 2.216 perkilogram.
Martini, Kepala Bagian Tata Usaha BPS Sultra mengatakan, dalam penerimaan raskin ada beberapa kategori mulai dari paling miskin dengan jumlah 87.627 RTS, miskin 85.598 RTS, cukup miskin 72. 865 RTS, sangat miskin 70.039 RTS dan rumah tangga lainnya atau orang kaya 28.840. Nah, di Sultra memang tidak tepat sasaran, karena adanya gejolak di lapangan yang ingin mendapatkan raskin secara merata.
"Kita mengambil data dari bidang sosial. Kita temukan beberapa sampel bukan RTS tapi menerima bukan haknya. Lalu di lapangan juga memang jelas kita dapati setelah menanyakan langsung ke tiap RTS, di situ warga tidak miskin tapi beli raskin," ujarnya, Senin (5/1).
Menurutnya, raskin hanya untuk RTS dan tidak untuk dibagi rata. Oleh sebab itu, pemerintah mestinya mengambil langkah misalnya melalui mekanisme penggunaan KPS sebagai tanda kepesertaan. Ini juga bisa mencegah sejumlah gejolak di tengah masyarakat.  "Kalau mau menerima harus punya kartu, kita sudah usulkan tapi kelanjutannya bagaimana, itu kami tidak ketahui karena itu urusan Bulog dan pemerintah," terangnya.
Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Sultra, Amiruddin Nurdin sangat menyayangkan data kemiskinan Sultra yang tidak pernah akurat. Akibatnya, pembagian raskin selalu menyimpang dari sasarannya. Ia memintah pemerintah melalui instansi terkait segera melakukan pembenahan. Sebab data yang ada dari BPS menunjukan adanya pelanggaran penyaluran.
"Ini akan kita pertanyakan. Kok bisa mereka yang tidak berhak mendapatkan. Sementara ada warga yang tidak mampu justru sama sekali tidak mendapatkan jatah," katanya. (imn)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar