Selasa, 07 Oktober 2014

Tunggakan Raskin 367 Juta, Walikota Desak Periksa Lurah Penunggak

Senin, 6 Oktober 2014

Jurnal,Manado – Persoalan Beras bagi warga miskin (Raskin)  jadi sorotan Walikota Manado.

Pasalnya, berdasarkan laporan dalam rapat koordinasi yang telah dua kali dilaksanakan, masing-masing Rapat Pimpinan dan Rapat Koordinasi Tim Penanggulangan Kemiskinan, ditemukan data belum tuntasnya pengelolaan setoran Raskin.

Dengan demikian, Walikota menugaskan Inspektur Kota Manado untuk melakukan langkah-langkah tindak lanjut.

 "Kalau ini tanggung jawab Lurah, agar Inspektur ambil langkah hukum kepada yang bersangkutan untuk selesaikan. Masalah raskin bersentuhan langsung dengan kebutuhan warga terhadap pangan sehingga harus diprioritaskan penanganannya," ujar Walikota .

Terkait dengan pengelolaan dan pembayaran raskin, Sekretaris Daerah Kota Manado, Ir. M.H.F. Sendoh melalui Kepala Bagian Ekonomi Setda Kota Manado, Pingkan Sinjal, S.E. ketika

dihubungi Senin,( 06/10), usai apel bersama di Kantor Walikota memberikan penjelasan terkait data raskin.

"Data per 15 September 2014 yang kami peroleh, tunggakan raskin seluruh kelurahan di Manado sebesar Rp 661 juta dan ditemukan 2 kelurahan yang belum menyelesaikan setoran raskin 2013 sejumlah Rp 18 juta. Hingga hari ini (06/10), tunggakannya sudah berkurang menjadi Rp 367.063.000 di 58 kelurahan,”

Sesuai arahan dan petunjuk Bapak Walikota kata Pingkan, pihaknya telah melaksanakan koordinasi dengan pihak Inspektorat, melalui Pak Inspektur, dan pihak Inspektorat akan segera mengadakan Pemeriksaan Khusus ( Pemsus) kepada Kelurahan yg menunggak untuk diketahui duduk persoalannya dan mempercepat pembayaran raskin.

Mereka juga sudah berkoordinasi dengan pihak Bulog, terhadap dua kasus tunggakan raskin sebesar Rp 18 juta di dua kelurahan, telah diadakan tindak lanjut hingga pihak Bulog sudah melakukan penyalurah di dua kelurahan tersebut.

Bahkan penyalurannya sudah dua kali dilakukan. “Pihak kami juga sudah menyurat ke seluruh Camat dan Lurah untuk segera melaporkan sisa hutang pembayaran raskin 2014, dan update hasilnya seperti yang kami sampaikan tadi. Atas perintah Pak Walikota kami yakin para pengelola raskin di Kelurahan akan melaksanakannya dengan baik sekaligus hati-hati."pungkasnya.(luq)

http://www.jurnalmanado.com/2014/10/tunggakan-raskin-367-juta-walikota.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar