Jumat, 05 September 2014

Raskin Rusak Diberikan ke Warga Jombang

Kamis, 4 September 2014

Jombang (beritajatim.com) - Jatah beras untuk warga miskin (raskin) yang dibagikan ke warga Desa Watudakon, Kecamatan Kesamben tidak layak konsumsi. Selain kondisinya patah-patah, beras tersebut juga berbau apek dan kotor. Warga berharap, beras tersebut diganti dengan yang layak konsumsi.

Ngatipah (52), salah satu warga mengatakan, dirinya mengambil jatah raskin dari balai desa. Beras itu ia beli dengan harga Rp 27 ribu per 15 kilogram. Hanya saja Ngatipah langsung kaget ketika melihat beras tersebut. "Berasnya remuk, banyak bekatulnya. Pokoknya jelek sekali," kata Ngatipah sembari menunjukkan beras yang dimaksud, Kamis (4/9/2014).

Ngatipah kembali menegaskan bahwa kondisi beras raskin yang dibagikan pemerintah itu tidak layak untuk di konsumsi manusia. Sebab, kondisinya terlalu jelek. Sehingga ia memilih tidak memasaknya. "Sebenarnya bukan kali ini saja kami menerima raskin tak layak konsumsi. Sebelumnya juga sama," katanya setengah mengeluh.

Hal senada juga diungkapkan Hamidah, warga lainnya. Dia mengatakan, beras raskin yang diterima warga kali ini kondisinya sangat parah alias melebihi buruknya kualitas beras yang diterima sebelumnya. Untuk itu, dirinya berharap pemkab turun tangan agar hal tersebut tidak terulang. "Layaknya dibuat pakan ayam," ujar istri ketua RT Dusun Watudakon, ini.

Hamidah menambahkan, sebelum-sebelumnya pemerintah pernah berjanji akan mengganti beras raskin jelek yang diterima warga. Namun janji itu tidak kunjung terealisasi. "sejak tiga bulan lalu kondisinya sangat jelek, tapi tidak pernah ada ganti rugi," keluhnya. [suf/but]

http://m.beritajatim.com/politik_pemerintahan/217069/raskin_rusak_diberikan_ke_warga_jombang.html#.VAkSRMV_uWg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar